Terkait Isu Daerah Register TPS, Berikut Tanggapan Ketua KPU Pesawaran

Ketua KPU Kab Pesawaran Pimpin rapat kordinasi

DELINEWSTV | Pesawaran –  Menindaklanjuti terkait informasi laporan Panwascam tentang daerah register di Desa Maja Kecamatan Marga Punduh, KPU Kabupaten Pesawaran menggelar rapat kordinasi, Jum’at (4/12/2020) lalu di kantor KPU Kab. Pesawaran.

Rapat kordinasi tersebut langsung dipimpin ketua KPU Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino yang dihadiri Bawaslu, kepolisian Kesbangpol, Disdukcapil, BPN, dan PPK Marga Punduh.

Dalam rapat kordinasi tersebut, Yatin mengatakan, selagi tidak ada berkas dan Dokumen yang lengkap maka ke empat  TPS yang di duga daerah register tetap dilaksanakan sesuai dengan aturan – aturan yang ada. “Hingga detik ini, pelaporan itu tidak ada dokumen pemberkasan sebagai landasan,”tegasnya.

“Kita tetap mengacu PKPU nomor 18 Tahun 2020 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” kata Yatin kepada media ini, Senin (7/12/2020)

Menurutnya, sesuai Pasal 15 ayat 2 sebagaimana yang dimaksud pada ayat, bahwa TPS dibuat ditempat yang mudah di jangkau termasuk oleh penyandang disibilitas, serta menjamin setiap pemilih dapat memberikan hak suaranya.

Sementara, Komisioner PPK Marga Punduh, Khairudin,S.Pd., selaku Kordiv Hukum dan Pengawasan, mengatakan ke empat daerah register TPS yang di permasalahkan itu adalah : Dusun Umbul Rejo, Talang Inim, Tanggang serta Dusun Tanggang  sebelumnya sudah ada sejak dilaksanakannya Pemilu.

Lebih lanjut Khairudin menyebutkan bahwa jumlah pemilih dari tiap – tiap TPS yang di duga bermasalah tersebut yaitu, TPS 6 Dusun Umbul Rejo berjumlah 125 pemilih, TPS 7 Talang Inim berjumlah 181 pemilih, TPS 8 Tanggang berjumlah 215 pemilih, dan TPS 9 Dusun Tanggang berjumlah 103 pemilih,  dengan total seluruh jumlah pemilh 624 pemilih.

Hot News