Antisipasi Melambungnya Harga Cabai, Antonius Tumanggor : Manfaatkan Halaman Rumah AtauTanam di Pot

IMG 20210306 WA0051

 

Medan – DELINEWSTV : Perlahan tapi pasti harga cabai belakangan ini bergerak naik dan membuat sejumlah ibu rumah tangga di Kota Medan mengeluh . Saat ini harga cabai di pasar tradisional Rp 50 ribu sampai RP 60 ribu per kilogramnya di pedagang eceran. Harga ini diprediksi akan terus merangkak naik menjelang bulan ramadhan (puasa) dan hari raya Idul Fitri.

Untuk mengantisipasi hal itu, anggota Komisi IV DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor menyarankan agar warga memanfaatkan pekarangan rumah menanam sendiri cabai memakai pot atau polibag.

“Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan menyediakan bibit unggul, tinggal nunggu minimal 2 minggu, pohon cabai sudah berbuah. Ditanam saja 5 batang pohon cabai merah dan 2 batang cabai rawit, jika berbuah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kata Antonius Tumanggor kepada wartawan, Sabtu 6 Februari 2021.

Untuk memperoleh bibit itu, lanjut Antonius, masyarakak tidak harus membeli. Cukup membentuk kelompok tani, anggotanya 10 orang/kelompok. Kemudian didaftarkan ke kelurahan dan buat akte notarisnya. Setelah itu, kelompok tani bisa meminta bibit tanaman apa saja. Seperti bibit cabai, sayuran, buah-buahan dan bibit ikan serta ayam.

“Apalagi di masa pamdemi Covid-19 ini, banyak masyarakat terkena imbasnya. Dan berefek pada penghasilan orang, bahkan ada yang kehilangan pekerjaan. Bercocok tanam memanfaatkan pekarangan efektif untuk memulihkan ekonomi rumah tangga, hasilnya bisa dijual dan dikonsumsi sendiri,” terang Seketaris DPD IPK Sumut ini.

Dinas Pertanian dan Perikanan di masa pandemi ini, telah banyak membantu warga dengan memberikan bibit tanaman dan ikan. Terkhusus lewat reses anggota dewan, dinas ini menitipkannya untuk disalurkan kepada masyarakat. Pemberian bibit tersebut adalah salah satu bentuk sosialisasi pemko agar bisa memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam.

“Jika pekarangan kita dipenuhi tananam sayur, buah dan kolam ikan, pasti terbantulah kebutuhan rumah tangga. Kita juga bisa memfasilitasi kelompok tani dengan Dinas tersebut. Termasuk penyediaan bibit cabai jenis unggul, yang sudah berbuah dalam 2 minggu,” pungkasnya.

Reporter : Amsari