Wali Kota Medan Pantau Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan 1442H Dari Gedung OIF UMSU

PHOTO 2021 04 12 21 34 27 1

Medan – DELINEWSTV.COM : Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM memantau secara langsung rukyatul hilal penentuan awal Ramadhan 1442H/ 2021 M dari ruang Observatorium Ilmu Falak (OIF) Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dijalan Denai, Kecamatan Medan Denai, Senin (12/04/2021).

Dengan menggunakan alat milik UMSU tersebut, Wali Kota Medan melihat posisi keberadaan hilal. Namun sayangnya akibat cuaca yang berkabut dan hujan yang sempat mengguyur kota Medan, keberadaan hilal menjadi tidak terlihat dari Kota Medan.

Meskipun begitu Wali Kota Medan tetap merasa bersyukur kepada Allah SWT karena ini kali pertama dirinya dapat menyaksikan proses rukyatul hilal, tentunya ini menjadi hikmat yang sangat berharga bagi pribadi Wali Kota Medan.

“Saya merasa beryukur dapat melihat proses rukyatul hilal untuk pertama kalinya,” katanya.

Dikatakan Wali Kota Medan lagi, dari sebelas bulan terdapat satu bulan untuk umat islam berpuasa, karenanya ibadah puasa ini harus menjadi pengingat untuk memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi kedepanya.

“Dari 11 bulan kita melakukan rutinitas, hanya 1 bulan kita diminta untuk menjalankan ibadah puasa sebagai pengingat kita untuk memperbaiki diri, kita juga harus dapat mengambil hikmah dari bulan suci Ramadhan ini,” ujar Wali Kota Medan.

Disamping itu Wali Kota Medan juga berpesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemko Medan untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai pembelajaran agar lebih maksimal dalam menjalankan tugas sebagai ASN Pemko Medan.

“Di bulan Ramadhan ini harus ada perubahan dalam bentuk kinerja dan pelayanan masyarakat sehingga apabila bulan ini telah kita tinggalkan ada keberkahan yang kita proleh,” tutur Wali Kota Medan.

Terakhir Wali Kota Medan menghimbau kepada masyarakat yang tidak menjalankan puasa agar menghormati saudara-saudara yang menjalankan ibadah puasa.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa agar menghormati saudaranya yang berpuasa,” ucap Wali Kota Medan.

Proses rukyatul hilal ini turut juga dihadiri oleh Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani,MAP, Ketua Pengadilan Agama Medan, Drs. Surya,SH.MH, Ketua MUI kota Medan, Dr.H. Hasan Matsum,M.Ag, Kepala OIF UMSU,  Dr. Arwin JR Butarbutar, Buya K.H Amiruddin,M.S, K.H Zulfikar,LC, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Tuntungan, Margono,ST, pimpinan OPD dan Camat Medan Denai.

Sementara itu ditempat yang sama, Rektor UMSU, Prof.Dr. Agussani,MAP menjelaskan pengamatan rukyatul hilal ini merupakan kerjasama antara Pemko Medan dengan Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU serta sebagai bentuk kontribusi UMSU dalam membantu Pemko Medan.

Kedepanya Agussani berharap ruang observatorium ilmu falak yang menjadi kebanggaan dari UMSU ini dapat digunakan sebagai tempat penelitian dan pengamatan.

Sebelumnya Bonggal Ritonga,MA perwakilan dari Kakan Kemenag Kota Medan dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan rukyatul hilal ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dalam kegiatan keagamaan termasuk penetapan awal Ramadhan.

Hasil observasi ini nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia.

Reporter : Amsari