Wali Kota Medan Temu Ramah dengan Insan Wartawan

Medan – DELINEWSTV.COM : Usai menjamu Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang juga Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama Semarang dan rombongan, Jumat (16/4/2021) malam, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. menggelar acara temu ramah dengan kalangan wartawan.

Selain Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Hermansjah, turut hadir dalam acara ini, Ketua Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Sumut, Budiman Amin Tanjung, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut, Zulfikar, Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan, M.E. Ginting, dan segenap wartawan dari berbagai media yang sehari-hari meliput di lingkungan Pemko Medan.

Dalam pertemuan itu, Wali Kota mengungkapkan, wartawan merupakan saluran bagi Pemko Medan dalam menyampaikan berbagai informasi pembangunan.

“Bahkan merupakan saluran pengaduan kami kepada masyarakat. Kami mengadu kepada masyarakat yang memberikan kami amanah melalui media,” kata Wali Kota, seraya menambahkan, sebenarnya pertemuan dengan wartawan ini sudah direncanakan dengan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan sebelum Ramadhan.

Wali Kota menilai, beberapa hari belakangan ini terjadi kesalahan komunikasi antara petugas pengamanan dirinya dengan wartawan. Kesalahan ini, lanjut Wali Kota, dapat diperbaiki dengan rasa saling pengertian bahwa masing-masing pihak menjalankannya tugas.

“Hari ini kita menjalankan amanah sebagai Wali Kota yang dipilih masyarakat, wartawan juga menjalankan tugas. Dan Paspampres yang mengawal saya juga menjalankan tugasnya berdasarkan undang-undang,” ucap Wali Kota seraya mengatakan, saat ini tidak perlu mencari siapa yang salah, namun yang terpenting ke depan hal ini tidak terjadi lagi dan komunikasi harus terjalin dengan baik.

Wali Kota menambahkan, bahwa dirinya sama sekali tidak pernah menolak door stop interview saat melakukan peninjauan di lapangan. Bahkan, ia mengaku senang karena dapat menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat melalui media. Untuk itu, kedepannya Wali Kota akan menyediakan tempat di kantor wali kota untuk wartawan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Saat itu, Wali Kota Medan juga memaparkan secara ringkas tentang lima program prioritas yang akan tengah dijalankan Pemko Medan. Kelimanya adalah kesehatan, kebersihan, insfrastruktur, penanganan banjir, dan penataan kawasan Kesawan, Medan The Kitchen of Asia.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah juga mengungkapkan kesalahan komunikasi yang terjadi ini dapat diperbaiki dengan saling memahami tugas masing-masing pihak.

Dia berharap, di hari baik dan bulan baik ini terwujud indah rasa saling memahami itu. “Dengan demikian, wartawan bisa mendapat informasi yang dibutuhkannya dan petugas pengamanan dapat menjalankan tugasnya,” pungkas Hermansjah.

Reporter : Amsari