Di Mexico, Penjahat Memburu Polisi, Bukan Sebaliknya

IMG 20210531 153555

Dilansir Kompastv, mereka menculik sejumlah personel pasukan elite polisi di negara bagian Guanajuato, menyiksa mereka untuk mendapatkan nama dan alamat sesama perwira polisi, lalu memburu dan membunuh mereka di kediaman mereka, pada hari libur mereka, di hadapan keluarga mereka.

Associated Press pada pada Minggu (30/5/2021) juga melaporkan, ini merupakan serangan langsung terhadap para personel penegak hukum yang jarang terlihat di luar negara yang memiliki geng paling banyak di Amerika Selatan.

Serangan ini merupakan ancaman langsung terhadap kebijakan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador yang menghindari kekerasan dan menolak memerangi kartel-kartel Meksiko.

Namun, faktanya, kartel justru telah mendeklarasikan perang terhadap pemerintah. Mereka bercita-cita memusnahkan pasukan elite pemerintah yang dikenal sebagai Kelompok Taktis. Geng kartel menuding Kelompok Taktis memperlakukan anggota mereka dengan tidak adil.

“Jika kau ingin perang, kau akan dapatkan perang! Kami sudah tahu persembunyianmu! Kami akan mendatangi kalian semua!” demikian bunyi sebuah spanduk yang ditandatangani oleh para anggota kartel dan terpasang di sebuah gedung di Guanajuato baru-baru ini.

(DNN/Kompastv)