Lonjakan Corona di India Pecah Rekor Dunia, Pemasok Oksigen Menipis

images 17

New Delhi  –  India tercatat memecah rekor dunia pada lonjakan kasus harian Covid-19 mengakibatkan pasokan oksigen dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit kian menipis.

Dilansir dari The Associated Press, per hari Minggu (2/5/2021), India hanya mengalami sedikit penurunan kasus harian sebanyak 392.488, dibandingkan sebelumnya mencapai 401,993 kasus. Pada kasus kematian dilaporkan bertambah 3.689, mengakibatkan total kematian akibat Covid-19 di India menjadi 215.542.

Menurut seorang direktur Rumah Sakit Batra, S C L Gupta, sebanyak 12 pasien COVID-19, termasuk seorang dokter meninggal dunia pada Sabtu (1/5) usai kehabisan pasokan oksigen selama 80 menit.

Sementara dilaporkan surat kabar The Times of India, tercatat 16 kematian lainnya di dua rumah sakit di selatan negara bagian Andhra Pradesh, dan enam kematian di rumah sakit Gurgaon, pinggiran New Delhi karena kekurangan oksigen.

Pengadilan di New Delhi pun akan memberlakukan sanksi kepada para pejabat pemerintah yang gagal mengirimkan pasokan oksigen ke banyak rumah sakit usai angka kasus harian melonjak drastis beberapa waktu belakangan.

Sulitnya pemerintah mempertahankan stabilitas pasokan oksigen membuat beberapa otoritas rumah sakit meminta intervensi pengadilan di New Delhi. Mereka meminta pengadilan memberlakukan sanksi kepada para pejabat.

“Ini sudah melampaui batas. Cukup, cukup,” kata Pengadilan Tinggi Delhi sembari menambahkan akan mulai menghukum pejabat pemerintah jika pasokan oksigen yang dialokasikan ke rumah sakit tidak dikirim.

“Kami tidak bisa membiarkan orang sekarat,” kata Hakim Vipin Sanghi dan Rekha Patil.

Kamis (22/4) kasus COVID-19 India mencapai lebih dari 314.835 kasus dalam 24 jam terakhir. Angka tersebut adalah angka harian tertinggi di dunia, mengalahkan kasus harian tertinggi di dunia yang dicatat AS dengan 297.430 kasus pada Januari lalu.

Sementara itu, angka kematian juga melonjak dan membuat rekor baru. Kemenkes India menyatakan kini sudah mencapai 15,93 juta kasus COVID-19, dengan kematian total 184.657 kasus.

Lonjakan kasus India masih mengalami naik-turun hingga kini, Sejauh ini, angka kasus harian tertinggi terjadi pada Sabtu (1/5) lalu.

Kantor berita AFP, Sabtu (1/5/2021) melaporkan, sebanyak 401.993 kasus baru tercatat dalam sehari, sehingga kini total jumlah kasus infeksi Corona menjadi 19,1 juta kasus.