Ini Profil Joe Biden Presiden AS

Logopit 1627659842274

Joe Biden yang memiliki nama lengkap Robinette Biden Jr lahir dari pasangan Joseph Robinette Biden Sr dan Catherine Eugenia (Finnegan) Biden.

Joe Biden lahir di Pennsylvania pada 20 November 1942.

Ia menempuh dua pendidikan, yakni di University of Delawere pada tahun 1965. Kemudian, tiga tahun berselang melanjutkan di Syracuse University Law School.

Menganut agama Katolik Roma yang merupakan anak sulung dari empat bersaudara. Saat muda, Joe Biden diketahui mengalami gangguan berbicara, yakni gagap.

Hal itu ia alami hingga duduk di bangku SMA. Akhirnya, ia berlatih di depan cermin selama beberapa bulan dan berhasil melewati tantangan tersebut sehingga lancar berbicara.

Pada tahun 1966, Joe Biden menikah dengan Neilia Hunter. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai tiga orang anak, yakni Joseph Robinette (Beau), Robert Hunter, dan Naomi Christina.

Sayang, di tahun 1972 sang Istri dan anaknya, Naomi meninggal dunia karena kecelakaan. Anaknya yang lain Beau dan Hunter mengalami luka-luka parah dalam kejadian tersebut.

Pada tahun 1977 ia menikah kembali dengan seorang guru bernama Jill Jacobs yang sekarang dikenal sebagai Jill Biden. Dari pernikahan itu, ia dikaruniai anak bernama Ashley.

Pada kariernya, Joe Biden pernah menjabat sebagai wakil presiden Amerika mendampingi Barack Obama.

Joe dan Obama berhasil menjabat selama dua periode.

Mereka berdua dikenal karena persahabatannya yang erat. Bahkan, Obama sering menyebut Biden sebagai ‘saudaranya’ sehingga hubungan kerja antara mereka berdua sukses.

Joe Biden akhirnya memutuskan kembali ke ranah politik dari sebelumnya memutuskan mundur dari pencalonan sebagai presiden AS di tahun 2015 silam.

Hal itu dikarenakan anaknya, Beau meninggal dunia akibat kanker otak.

Di tahun 2020 akhirnya Joe Biden naik panggung politik kembali sebagai calon Presiden Amerika Serikat. Kali ini ia berpasangan dengan Kamala Harris dan berhasil memenangkan pilpres.

(DNN/nkripost)