Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Dr.Saroha Manulang : Kita Hadirkan Pelayanan di Tengah Masyarakat

IMG 20210817 WA0180

DNN | Sibolga – Meskipun Pandemi, Kantor Imigrasi Sibolga selalu berinovasi, berkarya untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat dan mempermudah akses masyarakat untuk berurusan dengan kantor Imigrasi ini.

Dr. Saroha Manullang sebagai kepala Kantor Imigrasi Sibolga mengatakan bahwa ide untuk bisa lebih dekat kemasyarakat muncul dari suatu kejadian sekitar pukul 09.08 wib pagi, dimana ada beberapa rombongan orang tua berumur rata rata 50 – 60 tahun datang ke kantor imigrasi Sibolga guna mengurus passport untuk pergi haji dan umroh.

Yang membuat pria yang akrab di panggil bang Manullang ini merasa miris adalah masyarakat yang ingin mengurus passport harus berangkat menempuh jarak puluhan jam dan kilometer hanya untuk bisa sampai ke kantor imigrasi Sibolga untuk mendapatkan pasport, ucap mantan kepala Kantor Imigrasi Wakatobi ini.

Karena hal itu di masa pandemi ini, pria kelahiran tahun 79 itu membuat motto untuk Kantor Imigrasi yang ia pimpin yaitu ” Change or Die “.

Oleh karena itu, Kantor Imigrasi Sibolga yang mempunyai wilayah kerja 12 Kota / Kabupaten yaitu Kota Sibolga, Kota Padang Sidempuan, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara. Imigrasi Sibolga jga menangani 3 Pintu Masuk Internasional yaitu Pelabuhan Laut Sibolga, Pelabuhan Laut Gunung Sitoli dan Bandara Binaka Pulau Nias dan membuat beberapa program kerja dan kantor perwakilan di beberapa wilayah kerjanya,antara lain :

Saat ini telah beroperasi Unit Kantor Keimigrasian (UKK) Gunung Sitoli yang petugasnya secara bergiliran kita tempatkan disana untuk melayani masyarakat dan para warga negara asing yang ada di Kepulauan Nias ujar Saroha yang mantan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan (Desember 2020 – Februari 2021)

Di wilayah Kabupaten Mandailing Natal, Kantor Imigrasi Sibolga sedang mempersiapkan pembentukan unit kantor keimigrasian (UKK) sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dengan mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan sehingga kehadiran Negara ditengah masyarakat melalui pelayanan Imigrasi dapat dirasakan oleh Masyarakat yang ada di mandailing Natal dan kabupaten sekitarnya dapat terlaksana dan beroperasi dalam waktu dekat,tambahnya.

Di wilayah Nias Selatan, Kantor imigrasi Sibolga telah melaksanakan program _*Easy Passport*_ yang bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Nisel dan hal ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari masyarakat dan pemerintahan kab nias selatan, pungkas bg Manullang.

Selain itu di wilayah Nias selatan juga dilakukan koordinasi dan penguatan pengawasan orang asing yang masuk ke Indonesia melalui Nias selatan.

Bukan hanya wilayah Nias selatan saja, wilayah Nias Barat juga dilakukan langsung koordinasi dengan Bupati Nias Barat dalam penguatan pengawasan orang asing yang ada di wilayah kabupatenNias Barat.

Pada akhir Agustus nanti, Kantor Imigrasi Sibolga juga akan kunjungan kerja ke wilayah Padang lawas utara guna persiapan pembentukan tim pengawasan orang asing (TIMPORA) Kabupaten sambil menawarkan dan melaksanakan program _easy passport,_ ungkap bang Manullang yang juga mantan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan (09 Januari 2020),ucapnya.

Semua program yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Sibolga ini tetap menjalankan Prokes secara ketat dan tidak berkerumun serta salah satu strategi kantor Imigrasi Sibolga untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan keimigrasian, tutup bang Manullang.

Berikut ringkasan singkat perjalanan karir Kepala Kantor Imigrasi Sibolga saat ini :

Nama : Dr. Saroha Manullang.
Ttl : Lumban Sitolu, 12 Feb 1979.

Pendidikan Terakhir :Pasca Sarjana Doktoral (Dr) Universitas Udayana Bali (31 Agustus 2015)

Riawat Jabatan :
1. Kepala Kantor Imigrasi Wakatobi Prov Sulawesi Tenggara (21 Desember 2016).

2. Kepala Kantor Rumah Detensi Imigrasi Denpasar Bali (15 Oktober 2018).

3. Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan (09 Januari 2020).

4. PLT. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan (Desember 2020).

5. Kepala Kantor Imigrasi Sibolga (Maret 2021 – Sekarang).

Sebelumnya bertugas
A. Sebagai Kepolisian Khusus Imigrasi (Polsus – Imigrasi) dan Protokol Imigrasi pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno Hatta – Cengkareng.

B. Sebagai Kasubsi di Rumah Detensi Imigrasi Jakarta.

C. Sebagai Kepala Seksi Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai – Bali.

D. Sebagai Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Kantor Imigrasi Denpasar – Bali.

E. Sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dit SisTiK Direktorat Jenderal Imigrasi – Jakarta.

F. Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Perlintasan Dit SisTIK Direktorat Jenderal Imigrasi – Jakarta.

(021/DNN)