PPKM Level 4 Berlanjut, Bobby Fokus Penyekatan di Perbatasan Medan-Binjai dan Deliserdang

IMG 20210802 114823

DNN | Medan – Kabar beredar pemerintah akan memperpanjang PPKM Level 4. Sementara terkait penyekatan Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution mendapat masukan dari Kapolrestabes Medan dan Dandim 0201.

Bobby akan memprioritaskan penyekatan di perbatasan Medan dengan dua daerah yakni Binjai dan Deliserdang.

“Kita kemarin rapat sama Pak Dandim 0201, sama Pak Kapolrestabes Medan, banyak masukan ke kami, ke pemko, ke polres dan kodim tentang efektivitas penyekatan. Yang kami katakan, yang paling efektif itu, kata Pak Kapolres, adalah kita sekat yang masuk Kota Medan. Jadi, karena kita berbatasan dengan Binjai dan Deli Serdang, itu yang utama kita sekat,” kata Bobby kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Bobby mengaku nantinya penyekatan yang berada di inti Kota Medan nanti perlahan bakal dikurangi. Hal ini bukan karena tidak efektif, melainkan adanya peraturan baru yang harus diselaraskan dengan penyekatan tersebut.

“Yang di inti Kota Medan, yang di seputar Kota Medan, sekitar 30-an lebih. Sisanya ini perlahan-lahan, walaupun kita buka, nggak langsung. Mudah-mudahan nanti bisa kita kurangi. Karena apa? Bukan karena tidak efektif mengurangi. (Penyekatan) mengurangi (mobilitas),” sebut Bobby.

“Namun sekarang, karena peraturan PPKM level 4 ini sudah memperbolehkan 20 menit (makan di tempat) dan jam buka sampai dengan pukul 21.00 WIB. Kita kekurangan pasukan, untuk mengecek satu per satu tempat makan, ngecek satu per satu pasar yang protokol kesehatannya mulai dilanggar,” imbuhnya.

Bobby sendiri masih menunggu keputusan pemerintah perihal tingkat PPKM di Medan. Sebab, apapun keputusannya, tetap berdampak terhadap peraturan yang akan diberlakukan.

“Jadi penyekatan di inti kota bukan tidak efektif. Tapi, karena peraturannya berubah, tentunya efektifitasnya juga akan berubah lagi. Mudah-mudahan nanti ini setelah tanggal 2 (Agustus), kalau pun nanti Kota Medan diperpanjang PPKM level 4-nya, tentunya harus kita sesuaikan, kita beradaptasi dengan peraturan-peraturan yang ada,” ucap Bobby.

Seperti diketahui, untuk mengurangi mobilitas masyarakat Pemko Medan, awalnya menetapkan 18 titik penyekatan. Kemudian titik penyekatan ditambah menjadi 40 titik Penyekatan mulai berlaku pukul 07.00-00.00 WIB.

Rincian 40 titik penyekatan di Medan ada di halaman berikutnya……