Imigrasi Sibolga Siap Menjadi Fasilitator Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat

IMG 20210912 WA0008

DNN|Sibolga – Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 1 angka 3 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian bahwa salah satu fungsi Imigrasi adalah sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu sebagai instansi vertikal yang ditugaskan Pemerintah Pusat di daerah, Imigrasi Sibolga berkewajiban berkolaborasi untuk membantu Pemerintah Daerah khususnya di Sibolga-Tapanuli Tengah dalam pembangunan pariwisata dan ekonomi. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang saat memberikan sambutan pada acara coffe morning bersama stakeholder yang diinisiasi oleh Pelindo 1 Cabang Sibolga di Roftop Lantai 3 Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga, Sabtu (11/09).

IMG 20210912 WA0013

Saroha mengatakan selama ini Imigrasi Sibolga telah memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Sibolga-Tapanuli Tengah antara lain kemudahan dalam pemeriksaan crew kapal pengangkut aspal curah yang datang dari Singapura, kapal pengangkut ikan kerapu asal Hongkong, dan kegiatan ekspor yang dilakukan dari Pelabuhan Sibolga juga tidak lepas dari peran Imigrasi.

IMG 20210912 WA0012

Selain itu pesona laut di Sibolga-Tapanuli Tengah memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebut saja Pulau Mursala yang sangat unik, memiliki air terjun yang langsung mengalir ke laut dan juga sebagai tempat syuting film Hollywood berjudul King Kong. Ada juga Pulau Kalimantung yang eksotis memiliki air yang sangat jernih dan pasir putihnya, serta tempat-tempat lainnya. Kedepan kita berharap kapal pesiar membawa wisatawan dari luar negeri dan langsung turun di Pelabuhan Sibolga, sehingga nyata memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. “Kami selalu siap memberikan kemudahan bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Sibolga-Tapanuli Tengah”, ujar Saroha.

IMG 20210912 WA0010

Dalam sambutannya Saroha memuji Pelabuhan Sibolga yang memiliki desain terbaik se Asia Pasifik. Diresmikan pada tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo, Pelabuhan Sibolga menawarkan pemandangan yang sangat indah. “Beberapa waktu yang lalu saya dan jajaran di Kantor Imigrasi Sibolga menggunakan tempat ini untuk proses syuting (pengambilan video) Jingle Kantor Imigrasi Sibolga sebagai wujud semangat kami membangun Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), hasilnya luar biasa ungkapnya.

IMG 20210912 WA0011

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Launching Sibolga Creative Expo 2021 oleh Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapanuli Tengah, dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual. Dilanjutkan dengan peresmian _Sibolga Sunset Point_ yang berada di Roof Top Lantai 3 Pelabuhan Sibolga yang akan dibuka untuk umum sebagai spot baru wisata di Kota Sibolga. Kegiatan diakhiri dengan talkshow webinar dan turut ditayangkan Jingle Imigrasi Sibolga Pasti WBK yang telah tayang di Channel Youtube Imigrasi Sibolga.

IMG 20210912 WA0009

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo, Pimpinan DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori, Staf Ahli Walikota Sibolga Ichwan Simatupang, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sibolga Aswin Kosotali, General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga M. Eriansyah, Kepala KSOP Sibolga Jagohan Gultom, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sibolga Rahmad Tarihoran, Bea Cukai, Karantina kesehatan pelabuhan, perusahaan mitra Pelindo 1 Cabang Sibolga, Perwakilan RRI Sibolga, Perwakilan BNI, Pimpinan Sekolah Matauli Pandan Tapteng, Perwakilan WJL, serta stakeholder lainnya.(021/DNN)