Bobby Nasution Berharap Medan Menjadi Rumahnya para Startup

Medan -DNN: Sebagai kota terbesar di luar pulau Jawa, Kota Medan diharapkan dapat menjadi rumahnya para Startup. Hal ini dikarenakan, Medan memiliki potensi dan pasar yang cukup luas untuk startup. Tidak hanya didalam negeri, keberadaan Kita Medan yang berdekatan dengan negara tetangga menjadi keunggulan tersendiri bagi para Startup.

“Selain jarak yang berdekatan dengan negara tetangga, potensi lainnya yang dapat menjadikan Medan rumahnya Startup adalah keberagaman yang dimiliki Kota Medan. Artinya Keberagaman ini memiliki nilai jual yang lebih,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika menghadiri acara Networking Session Roadshow IV- HUB.ID yang digelar Kementerian Kominfo di Hotel JW Marriott, Jum’at (8/10/2021).

Menurut Bobby Nasution, Melalui kegiatan ini dapat menjadi atmosfer bagi pelaku usaha atau startup bahwa digitalisasi dapat berdampak baik bagi kegiatan ekonomi dan mempunyai keuntungan. Sebab saat ini kebanyakan generasi muda yang ingin mengembangkan usaha khususnya di bidang digitalisasi maka akan pindah dulu dari Medan. Artinya mereka para Startup muda menilai jika di Medan mereka kurang berkembang.

“Disini HUB.ID dapat berperan dan berkolaborasi dengan stakeholder untuk dapat memberikan pendampingan kepada startup sampai ke tahapan yang tinggi. Dengan begitu startup yang ingin naik kelas tidak perlu lagi keluar dari Medan,” Jelas Bobby Nasution..

Dijelaskan Bobby Nasution, ini juga menjadi tanggung jawab Pemko Medan, untuk itu kedepannya kami juga akan melakukan pendampingan kepada startup atau pelaku usaha di bidang digitalisasi. Sehingga Medan benar – benar dapat menjadi rumah para Startup. “Kita harapkan pada startup diluar pulau Jawa jika ingin naik kelas harus datang ke Medan. Oleh karena itu kita bentuk atmosfer dan ekosistemnya melalui HUB.ID dan Kolaborasi antara stakeholder,” ujar Bobby Nasution yang hadir didampingi Plt Kadis Kominfo Mansursyah dan Kadis Ketenagakerjaan Hanna Lore Simanjuntak.

Selanjutnya, Bobby Nasution mengapresiasi dan mendukung acara yang digelar Kementerian Kominfo melalui program HUB.ID. melalui kegiatan ini kita harapkan kota Medan dapat terus berkembang dan melahirkan startup atau pelaku usaha di bidang digitalisasi apalagi di masa Pandemi Covid-19. “Kami mengapresiasi dan mendukung Program HUB.ID ini untuk membantu dan mengembangkan para Startup di Kota Medan,” papar Bobby Nasution.

Sementara itu, Koodinator Business Match Making Kementerian Kominfo  Luat Sihombing menjelaskan Guna meningkatkan skala bisnis startup digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi pertemuan startup digital unggulan di Indonesia dengan calon investor secara virtual lewat HUB.ID. Program ini merupakan kelanjutan dari Program Startup Studio dan 1000 Startup Digital agar startup digital bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis.

“Diharapkan, dengan pertemuan itu para Startup dapat melakukan pitching di depan para calon investor agar mereka bisa memiliki partner untuk bisa mempercepat pertumbuhan bisnis mereka,” terangnya.

Menurut Luar Sihombing, Melalui HUB.ID Kominfo memfasilitasi startup digital agar semakin berkembang, berdaya saing dan dan tidak kalah dengan startup mancanegara. “Program HUB.ID ini merupakan rangkaian program Kominfo untuk meningkatkan atau mendorong percepatan atau fasilitasi startup Indonesia untuk berkembang lebih cepat dan juga meningkatkan talenta digital,” pungkasnya.

Reporter: Amsari