Dame Duma Apresiasi Bobby Nasution Atas Penyeleksian Ketat Calon Kepling di Kota Medan

 

Medan – DNN: Kebijakan Pemerintah Kota Medan didalam melaksanakan penyeleksian ketat kepada calon Kepala Lingkungan (Kepling) di wilayah Kecamatan Medan Barat, dinilai sangat demokratis serta sesuai aturan.

Kebijakan Pemko Medan ini langsung mendapat apresiasi dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Medan Dame Duma Sari Hutagalung, SH.

Menurut Politisi Partai Gerindra asal Dapil 1 Kota Medan ini, dengan adanya seleksi calon kepling, diharapkan mampu membawa perubahan seluruh lingkungan yang ada di Kota Medan. Sebab selama ini, warga banyak mengeluhkan kinerja kepala lingkungan yang dinilai tidak maksimal dan tidak benar-benar membantu warganya ketika dibutuhkan.

“Bukan hal baru lagi jabatan Kepling selama ini menjadi Dynasti. Artinya, dari orangtua turun kepada anak, lalu ke cucu ataupun keluarga dekat lainnya. Sementara banyak keluhan masyarakat dilingungan tersebut kurang terakomodir. Dengan  seleksi ketat calon Kepling yang telah dilaksanakan di Kecamatan Medan Barat, merupakan langkah tepat yang diterapkan oleh Walikota Medan,” kata Dame Duma pada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Diterangkannya lagi, Perwal Kepling No.21 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan di Kota Medan, sudah dapat dilaksanakan sebagai acuan untuk peningkatan kualitas kepling didalam bekerja melayani masyarakat. Sebab Kepling adalah perpanjangan tangan Lurah dan Camat untuk membantu pelayanan ditengah-tengah masyarakat.

“Warga juga akan dapat mengetahui siapa calon kepling mereka, karena warga turut serta memberikan dukungan dan tandatangan kepada sosok calon kepling pilihan mereka.Terutama soal dukungan 30 persen warga kepada calon kepling, yang disertai tandatangan. Hal ini sudah betul, karena warga harus mengenal siapa kepling mereka. Bukannya kepling yang tidak dikenal warga, apalagi tidak berKTP di daerah tersebut,” terang anggota Komisi IV DPRD Kota Medan ini.

Duma juga berharap para kepling terpilih mampu bekerja melayani masyarakatnya dengan adil dan tidak pilih kasih. “Jalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan humanis,” pungkasnya.

Reporter: Amsari