Mulia Syaputra Nasution: Pencopotan Abidin Manurung Sebagai KUPT PU Medan Kota Sudah Tepat

IMG 20211105 075339

 

Medan – DNN: Dicopot nya Abidin Manurung selaku Kepala UPT Operasional dan Pemeliharaan Jalan dan Drainase (OPJD) Dinas PU Kota Medan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution, dinilai sudah tepat. Penindakan tegas bagi pejabat yang bekerja buruk, diharapkan memberikan pembelajaran bagi pejabat lain agar meningkatkan kinerjanya.

Hal ini disampaikan anggota Komisi I DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution SH kepada wartawan, Kamis (4/11/2021) menyikapi kebijakan Walikota Medan Bobby Nasution, menindak pejabat Pemko yang berkinerja buruk.

Politisi muda asal Partai Gerindra itu menilai, bahwa apa yang dilakukan Bobby memang pantas didukung guna memberikan efek jera bagi pejabat yang lalai dalam tugas.

“Komisi I DPRD Medan berharap, pencopotan Abidin Manurung dari jabatan KUPT Dinas PU, dapat menghenyakkan para pejabat di lingkungan Pemko Medan, yang tidak produktif dan tidak peka terhadap tugas-tugasnya, selama ini,” tandas Mulia.

Ditambahkannya, ketegasan menindak pejabat yang bekerja buruk, merupakan hal penting dalam mempercepat pembangunan Kota Medan. Termasuk dalam masalah penanganan banjir, yang merupakan program prioritas Bobby Nasution.

Memang, lanjut Mulia, tidak semua pejabat yang bekerja kurang baik harus dilakukan pencopotan. Tetapi, perlu ada pertimbangan dan dampak negatif yang diambil. Bila setiap persoalan yang terjadi di lapangan, harus disikapi dengan pemberian sanksi tegas berupa pencopotan jabatan.

“Sebab, tidak semua persoalan berakhir dengan pencopotan jabatan seperti itu. Terkadang perlu dipelajari dulu, apakah pencopotan itu lebih banyak dampak positifnya atau justru sebaliknya,” Ucapnya.

Kalaupun harus melakukan pencopotan jabatan, Mulia meminta Wali Kota Medan untuk dapat memastikan terlebih dulu, bahwa pejabat baru nantinya yang berkompeten dibidangnya. Dengan begitu, pencopotan pejabat lama akan berdampak baik, dengan adanya perubahan yang dibawa pejabat yang baru.

“Kita tidak mau, pejabat yang baru justru tidak berkompeten dibidangnya, dan harus mempelajari masalah yang ada dulu. Akibatnya, pembenahan masalah justru memakan waktu. Padahal di sisi lain, Wali Kota ingin agar percepatan pembangunan termasuk penanganan banjir dapat diselesaikan sesegera mungkin,” jelasnya.

Kedepannya, sambung Mulai, Pemko Medan melalui Dinas PU dapat memberikan arahan yang jelas kepada seluruh Kepala UPT  yang ada di setiap wilayah. “Dengan demikian, setiap Kepala UPT dapat bertanggungjawab atas berjalannya program-program Wali Kota Medan Bobby Nasution,” pungkasnya.

Reporter: Amsari