Dame Duma Sari Hutagalung: Dinas Sosial di Tahun 2022 Ini Punya Program BPJS Kesehatan Yang Menguntungkan Masyarakat

Medan – DNN: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung, meminta agar warga masyarakat di Kelurahan Helvetia Tengah, tetap menjaga kesehatan dan waspada terhadap virus Covid-19. Walau saat ini level PPKM kota Medan sudah turun. Bukan berarti jumlah penderita Covid-19 tidak bisa meningkat, jika warga enggan menjaga kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan tidak rajin membersihkan tangan dengan air bersih.

“Kita jangan lengah, saat ini ada varian baru Covid-19 telah menyebar. Tetap waspada, patuhi terus Protokol Kesehatan Covid19. Dan yang terpenting masyarakat harus memiliki BPJS Kesehatan,” kata politisi dari Partai Gerindra Medan ini dihadapan ratusan warga, saat pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) I Tahun 2022, No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, di Jalan Mawar Raya No 27A (Halaman Gereja HKBP Helvetia) Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Helvetia, Senin (17/1/2022).

Dewan yang duduk di komisi IV DPRD Kota Medan ini juga menghimbau, agar masyarakat  yang menunggak iuran BPJS Kesehatan dan sudah tidak aktif, agar tidak panik. Namun segera menyiapkan data dirinya lagi, baik KTP maupun KK.

“Hubungi staf saya, serahkan foto copy KK dan KTP. Agar BPJS bapak dan ibu bisa diaktifkan kembali. Sebab, ditahun 2022 ini, ada program terbaru yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial. Yaitu, berupa pemutihan tagihan bagi masyarakat yang menunggak,” jelasnya.

Sementara Lurah Helvetia Tengah mengungkapkan rasa terimakasih kepada Dewan, atas pelaksanaan Sosper hari ini.

“Kebatulan yang diangkat dalam Sosper ini tentang sistem kesehatan, sesuai dengan program Walikota Medan yang menggalakkan pemberian vaksinasi bagi masyarakat. Dimana dengan pemberian vaksinasi yang I,II dan III bisa membawa masyarakat sehat semua,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan menjelaskan, selain mensosialisasikan program PANDAWA (Pendaftaran Dengan WA),  bagi masyarakat yang pertama kali mau mendaftar BPJS Kesehatan. Puskesmas yang di Kelurahan Helvetia Tengah juga melayani penyuntikan vaksinasi untuk masyarakat.

“Jika ingin mendapatkan layanan BPJS gratis melalui PBI Kesehatan, silahkan mengkomfirmasi ke No Pandawa 08116791003 PBI gratis. Jangan di telpon ya, cukup di WA saja, nanti kami akan membantu bapak dan ibu sekalian untuk mendaftar PBI kesehatan gratis melalui sistem online,” tuturnya.

Disesi akhir kegiatan, Dame Duma melakukan foto bersama, sekaligus pemberian seminar kit kepada ratusan masyarakat yang hadir pada acara tersebut.

Reporter: Amsari