Di Tahun 2022, Antonius Tumanggor Ajak Masyarkat Lebih Peduli Kebersihan Lingkungan

IMG 20220115 195231

 

Medan – DNN: Di tahun 2022 ini, pengelolaan persampahan di alihkan kepada pihak Kecamatan dan Kelurahan. Sementara, masalah kebersihan adalah tanggungjawab bersama.

“Jangan lagi kita saling menyalahkan, mari tetap mendukung program pemerintah kota Medan didalam menangani sampah dan saling berkolaborasi,” ucap Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos saat melaksanakan Sosialisasi Perda No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan, di Jalan Mesjid Gg Tapanuli, Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat, Sabtu (15/1/2022).

Dalam kesempatan ini dia juga mengajak warga, untuk saling menjaga kebersihan lingkungan di tempat masing-masing. Anggota DPRD Kota Medan, dari Dapil 1 Kota Medan ini juga menghimbau dan mengajak warga untuk membayar retribusi sampah. ” Dengan tertib membayar sampah, akan dapat membantu pemerintah dalam penyediaan fasilitas dan sarana persampahan,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Kelurahan Sei Agul, Pak Tobing mengaku sangat bangga dengan kehadiran Antonius Tumanggor sebagai anggota DPRD Kota Medan asal Dapil 1 kota Medan, karena banyak gebrakan nya yang buat warga senang.

Disesi tanya jawab,  Jantuah Hutapea, warga Lingkungan I, Jalan Danau Singkarak, kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat, mengatakan saat ini penanganan sampah sudah ada kemajuan didaerah nya. Sebab, kelurahan Sei Agul mendapat bantuan dari salah satu perusahaan Shoope Online berupa pemberian  becak sampah di lingkungan 1.

“Kami berharap sarana untuk pengelolaan sampah dapat semakin di tingkatkan. Agar masyarakat tidak kesulitan ketika hendak membuang sampah,”ujar warga Jalan Danau Singkarak ini.

Ranto Hutabarat, warga Jalan Batu Tulis No.23 Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah, mengeluhkan sarana pembuangan sampah yang sulit ditemukan. Ada banyak tulisan dilarang buang sampah namun pemerintah tidak menyediakan tempat sampah.

“Kami ingin bak sampah ada lagi disediakan pihak kelurahan Sei Putih Barat. Agar lahan kosong tidak dijadikan tempat pembuangan sampah,” katanya.

Menanggapi hal ini, Antonius Tumanggor mengatakan, partai Nasdem melalui anggota DPR RI, Pak Nanda Suryapaloh akan memberikan bantuan 10 unit becak sampah di kelurahan Sei Agul.

“Yang mana pada bulan Februari nanti, pelaksanaan pengelolaan sampah dialihkan ke pihak Kecamatan. Kita berharap penanganan sampah di kota Medan semakin baik,” harapnya.

Antonius juga mempertanyakan oknum petugas sampah  yang mengatakan kepada masyarakat yang hendak membuang sampah ke Sekip. Sementara jarak Sekip dari rumah warga sangat jauh.

“Kalau boleh fotokan dan cari tahu oknum petugas sampah yang mengatakan agar warga membuang sampah ke Sekip,” ujar politisi dari Partai NasDem kota Medan ini.

Kasi Trantib Kelurahan Sei Agul, Tobing mengatakan agar warga tidak pusing membuang sampah. Cukup diletakkan ke depan pintu rumahnya, maka pihak dinas sampah melalui becak keliling akan memungut sampah tersebut.

“Syaratnya daftarkan ke pihak kelurahan dan bayar retribusinya, maka sampah akan diangkut oleh petugas sampah,”sebutnya.

Antonius Devolis Tumanggor selanjutnya menghimbau warga untuk tetap memelihara lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.

Diakhir acara, masyarakat juga mengucapkan selamat hari ulang tahun ke 49 kepada wakil rakyat asal Dapil 1 kota Medan. Dengan penuh bahagia acara dilanjutkan dengan memberikan seminar kit secara simbolis kepada warga, sekaligus melakukan foto bersama.

Hadir juga pada pelaksanaan Sosperda tersebut yakni Kasi Trantib Kel.Sei Agul, Pak Tobing,  Keluarga besar Antonius Devolis Tumanggor,S.Sos, tokoh pemuda, tokoh masyarakat kelurahan Sei Agul Medan dan staf sekretariat DPRD Kota Medan beserta awak media.

Reporter: Amsari