DPRD Medan Tunggu Kinerja Kadis PU Topan Ginting, Bisa Kerja Atau Tidak

IMG20200804143839

 

Medan – DNN: Kalangan DPRD Medan menunggu bukti kinerja Kepala Dinas (Kadis) PU Medan, Topan Ginting, apakah mampu menyelesaikan persoalan banjir, drainase dan jalan berlobang di Kota Medan Tahun 2022. Kondisi tersebut merupakan masalah serius di Kota Medan.

“Kami (Komisi IV DPRD Medan-red) pesimis permasalahan banjir di Kota Medan dapat teratasi tahun 2022 ini. Pasalnya, pengerjaan infrastruktur kota Medan masih tanpa perencanaan yang matang,” ucap anggota Komisi IV Edwin Sugesti Nasution kepada wartawan, Jum’at (7/1/2022).

Politisi Partai PAN Kota Medan itu menambahkan, tahun ini proyek infrastruktur kemungkinan bisa selesai, tetapi belum tentu bisa menyelesaikan persoalan yang lain. “Memang kita lihat pembangunan terlaksana serentak. Tapi apakah sudah terukur? sudah survei konsultan? Takut kita tidak ada hasil survei yang menuju kepada suatu manfaat, seperti pemeliharaan dan perbaikan,” ketus Edwin.

Diungkapkan Edwin, mungkin penyelesaian infrastruktur telah selesai, namun persoalan banjir masih jadi bumerang. “Jangan hanya pengerjaan proyeknya yang selesai, tetapi persoalan banjir gak selesai. Itu kerja asal-asalan namanya,” imbuhnya.

Menurut Edwin penyelesaian proyek infrastruktur juga harus memperindah kota.

“Artinya, apakah Dinas PU bisa memperbaiki wajah kota Medan lebih baik, dari yang ada selama ini. Termasuk juga mengatasi persoalan kemacetan di beberapa titik di kota Medan saat perbaikan jalan,” ketusnya.

Ditambahkan Edwin, di lapangan, masih banyak ditemukan keluhan masyarakat terkait pengerjaan proyek. “Karena ada pengaduan ke komisi IV melalui saya. Di daerah Tanjung Sari (Medan Selayang) didepan masjid, dalam pembangunan drainase ada yang tinggi dan ada yang rendah. Sehingga pembangunan memberikan masalah baru bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut,” jelas Edwin.

Dia juga memaparkan keluhan masyarakat terkait tembok rumah yang rubuh akibat pembangunan drainase. “Selain itu, masalah yang timbul saat ini, pembiaran sendimen yang tidak di angkut,” ketusnya.

Sementara itu anggota Komisi IV DPRD Medan lainnya, Syaiful Ramadhan, juga mengingatkan Kepala Dinas PU Kota Medan Topan OP Ginting, agar komitmen seluruh persoalan infrastruktur akan tuntas di tahun ini.

“Kami di DPRD akan menggunakan fungsi kami mengawasi kerja-kerja beliau (Topan Ginting, red). Kalau saya ditanya, yang penting terbukti kinerjanya. Karena rakyat menunggu, kalau tak bisa kerja cari gantinya,” tandas Syaiful.

Sedangkan anggota komisi IV DPRD Medan, Renville P Napitupulu  menyampaikan, dimana dalam pengerjaan drainase belum maksimal. “Buruknya kualitas proyek dan persoalan saluran drainase yang tidak terarah dikuatirkan tetap menimbulkan banjir,” pungkasnya.

Reporter: Amsari