Menjelang Idul Adha, Rajuddin Sagala: Dinas Kesehatan, RPH dan Balai POM Sertifikasi Hewan Qurban

IMG 20210712 140656

 

DNN l Medan – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Wakil Ketua DPRD Medan H.Rajuddin Sagala SPd.i meminta Dinas Kesehatan, Perusahaan Umum Daerah (PUD) Rumah Potong Hewan (RPH) dan Balai POM Kota Medan, segera turun ke kandang sapi milik masyarakat yang menjadi penyuplai daging sapi.

“Permasalahan ini harus segera diantisipasi. Sebab, saat ini warga kota Medan mulai khawatir didalam mengonsumsi daging sapi, mengingat merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Apalagi dalam satu bulan kedepan, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H,” ucapnya kepada wartawan di Medan, Jum’at (20/5/2022).

Sebagaimana diketahui, lanjut Politisi PKS ini, dimana terdapat 389 ternak sapi di Kabupaten Deliserdang yang terserang penyakit PMK. Deliserdang yang berbatasan langsung dengan Kota Medan, merupakan jalur utama lalu lintas menyuplai beragam produk barang dan jasa. Termasuk juga kebutuhan daging dan lainnya.

“Untuk itu, kolaborasi antara Dinas Kesehatan, RPH dan Balai POM harus segera mengeluarkan sertifikasi bagi hewan qurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha nanti,” pintanya.

Dan bagi masyarakat yang akan berqurban, sambung Rajuddin,
jadikanlah wabah PMK ini menjadi ujian keimanan kita. “Jangan karena wabah tersebut, masyarakat tidak jadi berqurban. Serahkan semua itu kapada Allah SWT, semoga niat kita diganjar pahala,” jelasnya. (A-1Red)