SPS dan PWI Sumut Berkolaborasi Gelar UKW

 

DNN l Medan – Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan lembaga uji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang dijadwalkan pada 29-30 Juli 2022 mendatang, di Medan.

Ketua SPS Sumut, H. Farianda Putra Sinik, SE, kepada wartawan, Kamis (24/6/22), menjelaskan, bahwa pelaksanaan UKW ini merupakan salah satu program SPS Sumut, dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) para awak media di Sumut dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.

“Tentunya dengan peningkatan SDM ini, akan melahirkan wartawan yang profesional dan beretika dengan tetap berpegang teguh pada aturan dalam pemberitaaan ataupun prilaku wartawan,” ucap Farianda, didampingi Ketua Panitia UKW SPS Sumut, Agus Salim Ujung, Tim UKW PWI Sumut, Rifki Warisan dan Sugiatmo.

Dijelaskan Farianda, dalam pelaksanaan UKW ini, SPS Sumatera Utara akan berkolabosasi dengan PWI Sumatera Utara. “Dimana untuk pendaftaran dan teknisnya akan diserahkan kepada PWI Sumut,” ungkapnya.

Farianda menambahkan, direncanakan peserta UKW tersebut sebanyak 60 orang atau 10 kelas (1 kelas 6 orang), dimana akan dibuka kesempatan untuk seluruh kelas atau tingkatan, yakni tingkat utama, madya dan muda.

“Peserta UKW terbuka untuk semua wartawan dengan memenuhi syarat administrasi sesuai ketentuan dewan pers. Jadi nanti akan kita lihat banyaknya calon peserta yang mendaftar untuk menyesuaikan jumlah kelas di masing-masing tingkatan,” jelas Farianda.

Sementara itu, Ketua Panitia UKW SPS Sumut, Agus Salim Ujung, menambahkan, kepada wartawan yang ingin mengikuti UKW tersebut, dipersilahkan mendaftarkan diri ke kantor PWI Sumut, dengan membawa berkas persyaratan sebagaimana yang ditentukan. Pendaftaran dimulai tanggal 24 Juni hingga 07 Juli 2022.

“Karena pelaksanaan UKW ini SPS Sumut berkolaborasi dengan PWI Sumut, maka untuk teknisnya, pendaftaran, verifikasi berkas persyaratan, dan lainnya, kami serahkan kepada PWI Sumut. Silahkan menghubungi pihak PWI Sumut,” ujar Agus Salim Ujung.

Sedangkan Tim UKW PWI Sumut, Rifki Warisan, juga menegaskan, untuk persyaratan peserta yang mengikuti UKW ini sesuai dengan format Dewan Pers. Melampirkan pas foto (latar belakang warna merah/biru), KTP, curriculum vitae, formulir pendaftaran, pengalaman jurnalistik dan karya jurnalistik, surat tugas atau rekomendasi mengikuti UKW dari pimpinan media, surat pernyataan tidak bagian parpol/PNS/Polri/TNI bermaterai 10.000, SK Menkumham perusahaan media, akta perusahaaan media (full halamannya) bagi media yang belum terverifikasi dewan pers, atau sertifikat dewan pers bagi media yang telah terverifikasi, dan melampirkan sertifikat UKW sebelumnya bagi yang mau naik tingkatan.

“Khusus untuk pas foto, dikirim juga dalam bentuk JPG atau file asli. Sedangkan untuk persyaratan lainnya harus dikirimkan juga dalam bentuk PDF. Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi saudari Deby, staf kantor PWI Sumut,” tuturnya.

Ditambahkannya lagi, bagi wartawan yang ingin naik tingkatan dari muda ke madya, syaratnya minimal harus telah 3 tahun lulus wartawan muda, dan madya ke utama minimal telah 2 tahun lulus sebagai wartawan madya.

“Karena UKW ini lembaga pengujinya adalah PWI, maka kepada calon peserta yang anggota PWI, turut dilampirkan juga kartu anggota PWI-nya. Dan bagi yang tidak anggota PWI, harus membuat surat pernyataan bersedia masuk jadi anggota PWI pakai materai 10.000,” pungkasnya. (A-Red)