Meminta Maaf Karena Tidak Datang di Pernikahan ? Perhatikan Hal Berikut

ilustrasi pesta perkawinan
ilustrasi / Unsplash

Mengirim permintaan maaf karena tidak datang menghadiri pernikahan adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada mereka bahwa kamu sebenarnya bersedia menjadi bagian dari hari bahagia mereka, tetapi keadaanlah yang tidak mengizinkan Anda.

Bagaimana cara menyampaikan maaf, saat tidak bisa menghadiri acara pernikahan ?

Mengirim pesan singkat atau kartu ucapan memang dapat menjelaskan kenapa kamu tidak menghadiri pesta mereka.

Tetapi mungkin sulit untuk merangkai apa yang harus dikatakan. Bagaimana sebuah ungkapan maaf dari kamu terdengar tulus dan bukan hanya sekedar alasan klasik . Kamu bisa mengikuti panduan ini dalam menulis permintaan maafmu.

Alamat Pasangan

Hal pertama yang harus kamu ingat, tulis tujuan dan nama mempelai yang menikah “Kepada pasangan (nama suami) dan (nama istri),” . Jika memiliki nama belakang (keluarga), nama panggilan akrab juga bisa digunakan agar terlihat lebih personal.

Ucapkan selamat atas pernikahan mereka

“Selamat Ya!” merupakan salah satu kata terbaik untuk mengawali isi pesan kamu. Tentunya kamu turut berbahagia atas berlangsungnya pernikahan mereka.

Minta Maaf karena tidak bisa datang

Sebagai salah satu undangan yang artinya kamu ikut terpilih untuk bisa menghadiri acara tersebut, pasti “tidak enakan” bukan bila tak dapat menghadiri.

Dengan mengatakan ” Saya berharap menghadiri hari istimewa kalian, namun maaf” kamu mengakui bahwa Anda berharap Anda merayakannya bersama mereka.

Sebutkan Alasan Kamu

Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak bisa datang ke pernikahan, terlepas dari  seberapa dekat mereka dengan pasangan mempelai. Beberapa alasan antara lain:

  • Alasan pekerjaan –  Sebagai orang mungkin tidak dapat hadir berhubung pekerjaan yang mereka tekuni. Bisa jadi ada rapat mendadak,waktu kerja yang tidak flexibel atau atasan menolak izin mereka.
  • Alasan medis – sakit merupakan salah satu alasan tidak bisa datang. Mungkin saja kamu sudah mempersiapkan untuk hadir, namun penyakit menyerang dan menggangu kondisi kesehatan. Tidak perlu memaksakan, pasangan mempelai pasti mengerti kondisi kamu.
  • Alasan keuangan – ya tentu saja, kondisi finansial yang tidak memungkinan bisa jadi salah satu faktor ketidakhadiran. Lokasi akad yang jauh dari tempatmu sekarang dapat menguras banyak biaya.
  • Alasan lainnya – banyak alasan lain yang terkadang tidak kita inginkan atau diluar yang kita pikirkan. Mulai dari problem yang datang tiba – tiba, kendaraan dipakai orang lain atau bahkan karena masalah mental sebab ini merupakan pernikahan mantan kamu.

Opsi tambahan

Jika kamu berfikir agar pesan ini tidak hanya sekedar “basa basi” dan tidak ingin menutup pesan secara terburu-buru pilihan ini dapat secara opsional kamu tuliskan.

  • Hadiah – kamu dapat melampirkan atau mengirimkan hadiah sebagai bentuk permintaan maaf kamu karena tidak dapat hadir di pernikahan mereka. Menanyakan nomor rekening atau dompet tunai juga dianggap sebagai bentuk support kamu.
  • Janji temu – Sebagai pengganti karena tidak bisa datang , kamu juga boleh menjadwalkan waktu untuk bertemua pasangan berbahagia ini. Dengan demikan, kamu memang berniat bertemu dengan mereka tidak hanya sekedar ucapan.

Pesan penutup

Signoff adalah penutupan keinginan pernikahan. Tanda tangan yang paling umum digunakan termasuk “dengan tulus milikmu” dan “dengan hormat milikmu.” Namun, ada opsi lain untuk tanda tangan yang dapat menyampaikan perasaan Anda dengan lebih baik kepada pasangan, seperti:

Kata penutup adalah hal terakhir yang jangan sampai terlupakan. Kamu bisa menggunakan kata :

  • dari yang mengasihi kalian,
  • Semua yang terbaik untuk kalian,
  • rekan kerjamu terusil,
  • orang yang dulu pernah di hatimu,

Untuk menulis ucapan selamat pernikahan ketika kamu tidak dapat menghadiri pernikahan, mulailah dengan mengucapkan selamat kepada pengantin baru atas persatuan mereka. Kemudian, mohon maaf secara singkat atas ketidakhadiran kamu.

Jika kamu merasa nyaman, kamu juga dapat menyebutkan alasan ketidakhadiran kamu. Selanjutnya, ungkapkan dukungan kamu untuk pasangan tersebut. Sebagai tambahan kamu juga bisa mengirim hadiah atas permintaan maaf atau menjadwalkan janji temu.

Kamu juga dapat melihat Kumpulan ucapan maaf tidak hadir di pesta pernikahan sebagai referensi dalam menyampaikan pesan kamu.