Pasar Aksara Baru Diresmikan, Pedagang Ucapkan Terima Kasih Pada Bobby dan Suwarno

IMG 20220927 145331


Ayomedan.com l Medan – Ratusan pedagang eks Pasar Aksara Medan, selama 6 tahun lebih menanti relokasi tempat bedagang, akhirnya bernafas lega usai diresmikannya Pasar Aksara baru di Jalan Mesjid, Medan Estate, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (27/9/2022) siang.

Di tengah guyuran hujan, Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution, didampingi Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Medan, Suwarno, meresmikan langsung Pasar Aksara, yang dibangun Kementerian PUPR dengan sumber pembiayaannya berasal dari APBN.

Tampak ratusan pedagang yang hadir, mengelu-elukan kehadiran Walikota Medan, Bobby dan Dirut PD Pasar Medan, Suwarno. Mereka berterima kasih karena telah mewujudkan keinginan para pedagang, terkait relokasi tempat jualan, pasca terbakarnya Pasar Aksara pada tahun 2016 silam.

“Sejak dua minggu lalu, saya sudah ditagih dan ditanyain ibu-ibu para pedagang di sini soal kapan diresmikannya Pasar Aksara ini. Semua tampaknya sudah tidak sabar ya…,” ucap Bobby sambil tersenyum dan disambut tepuk tangan riuh para pedagang.

Bobby mengatakan, pembangunan Pasar Aksara, yang letaknya di Kabupaten Deli Serdang berbatasan dengan Kota Medan tersebut, juga turut menggandeng Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, terkait pemanfaatan lahan.

Bobby juga mengungkapkan, terkait pengembalian uang kutipan, dirinya sudah minta kepada Dirut PD Pasar, agar diselesaikan proses pengembalian uang kutipan tersebut kepada para pedagang. “Apa sudah dikembalikan semua Pak Dirut?,” tanya Bobby, yang disambut teriakan warga, belum diterima.

Menjawab pertanyaan itu, Suwarno pun menjelaskan, bahwa pengembalian uang kutipan tersebut tengah diproses. “Sebagian sudah diproses, melalui transfer bank ke rekening para pedagang,” imbuhnya.

Menanggapi permintaan para pedagang untuk meniadakan retribusi Pasar Aksara, Bobby diplomatis menjawab bahwa restribusi tersebut dibutuhkan untuk perawatan gedung dan fasilitas pasar ke depannya.

“Soal retribusi, itu terkait kewajiban kita bersama. Mohon dimaklumi. Karena untuk perawatan gedung dan fasilitas tentu saja dibutuhkan biaya yang tidak sedikit,” jelas Bobby.

IMG 20220927 145302

teks foto, Dirut PUD Pasar Suwarno

Sementara itu, Dirut PD Pasar, Suwarno, dalam laporannya menjelaskan, dalam pembangunan Pasar Aksara, fasilitas pendukung gedung juga menjadi prioritas demi kenyamanan pengunjung.

“Pada 26 Juli 2022 lalu, telah dilakukan pengundian nomor kios bagi para pedagang yang memaanfaatkan tempat jualan. Dan itu dilakukan secara transparan. Saat ini, sebanyak 20 persen kios telah dimanfaatkan pedagang untuk berjualan,” terang Suwarno.

Ditambahkan Suwarno, pihaknya terus menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan pihak perbankan dan lainnya, khususnya terkait penerapan sistem pembayaran digital non tunai, seperti QRIS.

“Saat ini, dari 13680 pedagang yang aktif berjualan di pasar Kota Medan, sudah ada sebanyak 6020 pedagang yang menerapkan sistem pembayaran secara digital virtual account QRIS. Kami akan terus mensosialisasikan dan mengedukasi para pedagang, terkait manfaat penggunaan sistem pembayaran digital non tunai ini,” tuturnya.

IMG 20220927 145350

teks foto, Dihadiri ratusan pedagang

Diketahui bersama, Pasar Aksara kembali dibangun di atas lahan seluas 6.388 m2 dengan anggaran APBN Tahun 2020-2021 sebesar Rp 94 miliar. Bangunan pasar terdiri dari 859 kios berupa 204 los basah dan 655 los kering dengan total luas bangunan sekitar 10.735,86 m2.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Ketua DPRD kota Medan, Hasyim SE, Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar, pimpinan OPD Pemko Medan, serta sejumlah jajaran direksi PD Pasar Medan. (A-Red)