Pemko Medan & Pemkab Dairi Capai Kesepahaman Draft Kerja Sama Penyediaan Komoditi Cabai

DNN l Dairi – Setelah Pemkab Batubara, Pemko Medan juga menjajaki kesepakatan kerjasama dengan Pemkab Dairi, guna menindaklanjuti instruksi Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam upaya penyediaan bahan pokok untuk pengendalian inflasi. Sebab, Dairi merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara sebagai penghasil komoditi cabai.

Dari penjajakan yang dilakukan, Pemko Medan dan Pemkab Dairi telah mencapai kesepahaman mengenai draft kesepakatan kerja sama antar-daerah di Kantor Pemkab Dairi, Jumat (30/9/2022). Dengan tercapainya kesepahaman ini, akan ditindaklanjuti dengan Kerjasama Antar Daerah (KAD). Selain memenuhi kebutuhan cabai bagi warga Kota Medan, KAD yang dilakukan juga membawa keberkahan bagi para petani.

Penjajakan ini dipimpin Wali Kota Medan, yang diwakili Plt Asisten Ekbang Pemko Medan, Mansursyah didampingi Kabag Kerja Sama Pemko Medan Nurbaiti Harahap, Kabag Perekonomian Pemko Medan Regen, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno, Dirbang/SDM PUD Pasar Medan Imam Abdul Hadi, Kepala Bagian Perizinan dan Usaha PUD Pasar Medan serta Kepala Pasar Kemiri A Ronald Sihotang.

Kedatangan perwakilan Pemko Medan diterima langsung Sekda Pemkab Dairi Budianta Pinem didampingi Asisten Ekbang Dairi Jonni Waslin Purba, Kadis Perindagkop Dairi Iwan Taruna Berutu, dan pimpinan OPD terkait.

Dalam pertemuan tersebut, Mansursyah menjelaskan, kedatangan mereka atas arahan Wali Kota sebagai upaya pengendalian inflasi di Kota Medan. Sebab, Dairi sebagai salah satu wilayah penghasil komoditi, khususnya cabai sehingga  menjadi salah satu pilihan untuk dilakukan KAD.

Advertisements

“Kedatangan kami ini untuk membahas tindak lanjut kerja sama penyedia bahan pangan pokok, terutama cabai. Kami ucapkan terima kasih karena dari diskusi yang dilakukan telah tercapai kesepahaman mengenai draft kerja sama,” kata Mansyursyah.

Selain itu, lanjut Mansyursyah, draft perjanjian kerja sama antara PUD Pasar Kota Medan dengan Koperasi Cimata Makmur Kabupaten Dairi juga telah rampung disepakati. Dia berharap kesepahaman ini bisa berlanjut dan dapat mensejahterakan petani.

Sementara itu Sekda Dairi Budianta Pinem berharap, kesepahaman ini bisa membawa keberkahan bagi petani dan kebutuhan pangan, terutama cabai bagi masyarakat Medan dapat tercukupi.

“Kami juga berterima kasih, selaku daerah pertanian selalu kesulitan pada saat harga komoditas tidak stabil. Adanya pertemuan Pak Bupati dan Pak Wali Kota, menunjukan bahwa kita ini betul-betul mencintai masyarakat,” ungkap Sekda.

Di Kesempatan yang sama, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno juga berharap agar kerja sama ini nantinya dapat saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Hasil pertanian di Dairi, terutama cabai mampu memenuhi ketersediaan pangan bagi masyarakat Medan.

“Tak hanya itu, kerjasama juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Dairi, terutama para petani,” harap Suwarno. (A-Red)

Sumber Berita dari :
Instragram : Pemko.Medan  https://instagram.com/pemko.medan?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Facebook   : Pemko Medan  https://www.facebook.com/PemkoMedan