5 Hari Perubahan Arus Lalulintas Dilakukan, Iswar Lubis: Kemacetan Berkurang Karena Masyarakat Tertib Peraturan

IMG 20221123 180303

Teks foto, Kadishub Iswar Lubis

DNN l Medan – Lima hari setelah Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan kota Medan melakukan perubahan 13 arus lalulintas disejumlah ruas jalan, berdampak positif, dengan berkurangnya tingkat kemacetan.

“Alhamdulillah, memasuki hari ke 5 uji coba, tingkat kemacetan di beberapa ruas jalan sudah berkurang. Hal ini tak lepas dari peran serta masyarakat mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh Pemko Medan, dan kesigapan dari personil Polri, TNI serta Dishub sendiri dilapangan,” ucap Kadis Perhubungan kota Medan, Iswar Lubis saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/11/2022) sore.

Ditambahkan Iswar, rencana uji coba akan dilakukan selama 14 hari kedepan. Setelah itu, baru ditetapkan menjadi sistem peraturan lalulintas permanen.

“Yang namanya uji coba, pasti terdapat kekurangan disana sini dalam pelaksanaannya. Namun kami optimis, kedepannya tingkat kemacetan di Kota Medan dapat teratasi dan lebih baik,” ujarnya.

Iswar kembali menambahkan, pihaknya sudah memasang 165 rambu-rambu lalu lintas di 13 ruas jalan yang mengalami perubahan. “Itu dilakukan untuk memudahkan dan memandu masyarakat saat berkendara. Karena, saat ini masyarakat sedang mencoba satu demi satu arus lalulintas yang terdekat dengan rumah ke tempat kerja atau tujuan lainya,” tuturnya.

Diakhir konfirmasi, Iswar mengungkapkan, perubahan arus lalulintas ini untuk mendukung proses penataan kawasan Kesawan Medan, dalam Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Kawasan Kota Lama.

“Perubahan arus lalulintas harus dilakukan guna menyikapi pertumbuhan kendaraan yang semakin tinggi di Kota Medan, termasuk terkait kebijakan revitalisasi Lapangan Merdeka yang saat ini sedang berlangsung,” pungkasnya. (A-Red)