3 Tahapan Keuangan Penting Yang Sering Dilupakan Sebelum dan Selama Pernikahan

Pernikahan memperkenalkan kita, dimana keadaan keuangan memengaruhi semua aspek kehidupan berpasangan dan berkeluarga.

Kaitan Finansial dalam Kehidupan Pernikahan

Menurut penelitian, dari berbagai alasan perceraian dan pertengkaran dalam rumah tangga. Uang merupakan alasan paling atas. Jadi, dalam pasangan, keuangan mungkin yang menentukan kesuksesan – atau tidak.

Kiat-kiat berikut ini akan membantu anda sesuai dengan status anda saat ini.

Masa Sebelum Pernikahan

Sebelum anda berjalan dan hidup bersama, penting untuk melakukan percakapan terbuka tentang keuangan anda dan calon pasangan.

Berikut adalah beberapa ide untuk anda mulai:

Jujurlah tentang sejarah anda. anda perlu tahu apakah anda menikah dengan seseorang yang memiliki banyak hutang, mengalami kebangkrutan atau pernah pengalami.

Fakta-fakta ini dapat menjadi hambatan dalam hal memenuhi syarat untuk mencapai tujuan keuangan dikemudian hari.

Mainkan kekuatan anda. Jika anda seorang yang berani atas resiko dan calon anda seorang yang menjauhi resiko dan cenderung di zona aman.

Maka, bagilah peran anda masing-masing. Anda bisa saja dengan urusan keuangan sedangkan pasangan anda dengan urusan keluarga.

Masa Selama Pernikahan

Setiap kali ada perubahan pekerjaan, anak-anak memasuki tahapan baru atau mobil dan rumah baru, situasi keuangan anda berubah. Jadi, periksa secara teratur. Dan ingatlah ini:

Katakan yang sebenarnya tentang pembelian anda. Jika anda cenderung menyembunyikan belanjaan dari pasangan anda (Faktanya, satu dari tiga pasangan yang berdebat tentang uang telah menyembunyikan pembelian satu sama lain), ini pasti akan membahayakan perencanaan keuangan anda.

Tetapkan prioritas keuangan bersama. Mimpi dan aspirasi berubah, oleh karena itu penting untuk melakukan evaluasi rutin dengan pasangan anda tentang tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

Beri peringkat tiga prioritas teratas dan bila perlu audit pengeluaran dan pemasukan mingguan atau bulanan untuk melihat perkembangan finansial anda.

Masa Setelah Pernikahan

Tidak ada orang yang menikan dan berpikir akan berakhir, tetapi beberapa melakukannya. Keuangan bisa menjadi penyebab perceraian damai menjadi permusuhan. Jika anda terpisah, pertimbangkan ini:

Perhatikan nasihat para profesional. Dalam hal cinta dan uang, opini bisa memanaskan situasi. Penasihat keuangan anda dapat membimbing anda melalui beberapa aspek praktis dari waktu yang emosional ini dan menjadi sumber yang tidak memihak yang dapat anda percayai.

Buka akun terpisah. Sebaiknya tutup akun bersama dan buka akun baru yang terpisah daripada menambahkan atau menghapus nama; itu akan memberi anda rasa aman bahwa anda adalah satu-satunya yang memiliki akses.

Ubah setoran langsung anda untuk masuk ke akun baru dan segera mulai menganggarkan untuk diri sendiri.

Hubungan yang sehat dengan keuangan dan kemampuan untuk jujur tentang hal itu akan berkontribusi pada hubungan yang sehat dengan pasangan anda dan dapat membantu mempersiapkan pernikahan anda untuk sukses.

Langkah selanjutnya
Terlepas dari status perkawinan anda, ingat tip uang ini:

Jujurlah dengan diri sendiri dan pasangan anda tentang situasi keuangan anda
Periksa secara teratur untuk memastikan anggaran anda sesuai dan sesuaikan jika perlu
Mintalah bantuan dari para profesional dalam hal keuangan, jangka pendek dan panjang