Sosper Tentang KIBBLA, Wong Chun Sen: Ibu Hamil Sehat, Anak Yang Lahir pun Sehat

IMG 20230115 112014

 

Medan – DNN: Anggota DPRD Kota Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan,M.Pd.B menganjurkan agar warga masyarakat tetap menjaga kesehatan walaupun covid 19 telah berakhir. Wong yang duduk di komisi 2 ini pun meminta para ibu-ibu untuk selalu menjaga asupan gizi dan kesehatan bagi balita, apalagi para ibu hamil.

“Tujuannya, agar bayi didalam kandungan sehat dan kesehatan ibu terus terjaga,”  ucapnya pada pelaksanaan Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Balita (KIBBLA), yang dilaksanakan di Jalan Pukat Banting IV Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Minggu (15/1/2023).

IMG 20230115 112040

Dihadapan Camat Medan Tembung, diwakili Sutan F.A Lubis, Lurah Bantan yang diwakili Kamil Zulkarnain dan M.Lukman Hakim mewakili BPJS Kesehatan, Wong menjelaskan, bahwa Perda KIBBLA diterbitkan, bukti dari kepedulian Pemko Medan terhadap kesehatan Ibu dan Anak.

“Kepada ibu sekalian yang memiliki bayi menyusui agar memberikan ASI kepada bayinya, karena ASI itu adalah kualitas susu nomor satu dan menjamin bayi tetap terpenuhi gizi dimasa perkembangan nya,” jelasnya.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini pun mencontohkan, di daerah Kecamatan Medan Tembung, dimana ada dua (2) bayi usia 3 Tahun yang terkena gizi buruk (Stunting). Namun, setelah di bantu asupan gizi berupa susu dan vitamin, saat ini bayi Stunting tersebut telah mengalami peningkatan pertumbuhan dan semakin sehat.

“Bayi Stunting bernama Tuk Maida sudah sembuh, namun kesehatannya masih tetap kita pantau. Pemberian bantuan susu dan vitamin buat kedua bayi itu tetap kita berikan,” tutur Wong yang juga ketua Taruna Merah Putih Kota Medan itu.

Perda No. No.6 Tahun 2009 Tentang KIBBLA sambung Wong Chun Sen lagi terdiri atas 11 Bab dan 24 Pasal. Bukti kepedulian pemerintah terhadap kesehatan para Ibu dan anak khususnya Balita.

Sementara itu, Lukman Hakim menambahkan, program kesehatan UHC yang diluncurkan oleh Wali Kota Medan dikhususkan untuk warga Kota Medan.

“Artinya, warga yang memiliki KTP Kota Medan, dan berobat di seluruh Puskesmas maupun Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” terangnya.

Diakhir Sosperda, Wong Chun Sen juga memberikan seminar kit kepada 600 undangan yang hadir.
(A-Red)