Wong Chun Sen Kembali Bantu Asupan Gizi 5 Bayi Penderita Stunting

IMG 20230306 WA0053

Teks foto, Wong berikan bantuan pada salah satu anak Stunting

DNN l Medan – Kepedulian akan sosok wakil rakyat, Drs.Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B, asal dapil 3 Kota Medan dari partai PDI Perjuangan ini mendapatkan ucapan terimakasih dari para orangtua bayi penderita Stunting yang dia kunjungi, Senin (7/3/2023) pukul 10.00 WIB.

Usai melaksanakan Sosialisasi Perda No 4 Tahun 2012, Tentang Kesehatan Kota Medan, Minggu (6/3/2023), selanjutnya Sekretaris Komisi II DPRD Kota Medan ini meninjau lima (5) bayi penderita Stunting di Kecamatan Medan Timur dan Medan Tembung dan Medan Perjuangan.

Diawali mengunjungi salah satu bayi Stunting bernama Jehan Arissa Pakpahan (3,6) anak dari  keluarga Sandi Zurahmad Pakpahan (38) dan istri Siska Melvie (33) warga Jalan Mustafa Kelurahan Glugur Darat, Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Wong didampingi warga setempat menemui bayi perempuan yang sedang tertidur pulas dirumah kontrakan mereka.

Menurut orangtua Jehan Arissa Pakpahan, saat lahir anak keduanya itu tidak menangis, dan seberat 1,9 kilogram.

“Selama persalinan, tidak ada yang aneh yang saya rasakan. Namun ketika lahir, dokter mengatakan anak saya ada menderita penyakit Epilepsi atau penyakit kejang-kejang,” katanya sedih.

Selanjutnya, ibu dua anak ini juga menuturkan saat imunisasi yang  dilakukan, tidak ada hal yang menghawatirkan dari laporan petugas kesehatan di puskesmas.

“Namun selang beberapa tahun, pertumbuhan anak saya seperti lambat tidak seperti anak seumurannya, meski usianya saat ini sudah 3,6 tahun,” terangnya.

Kemudian kepada orang tua Jehan Arissa, Wong Chun Sen memberikan bantuan berupa Susu Pediasure dan Vitamin Kurkumaplus untuk dikonsumsi serta kesembuhan anak penderita Stunting tersebut.

“Selain Vitamin, saya juga memberikan beras dan minyak goreng sekedar membantu keluarga anak ini. Ini bantuan yang pertama saya berikan dan bayi Stunting yang ke lima,” ujar Wong.

Seterusnya, Wong beranjak menuju ke rumah bayi penderita Stunting yakni Rafi Era Defan Situmeang (3) anak dari Lusianti Marpaung (42). diketahui menderita Stunting saat berusia 1,5 tahun. Namun saat lahir bobot badan 2,8 kg. Pemberian bantuan susu dan vitamin adalah yang kedua diberikan kepada Rafi Era Defan Situmeang yang tinggal kos kosan di Jalan Rakyat Gg.Balam Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan.

Setelah memberikan bantuan berupa susu, vitamin dan sembako selanjutnya, Wong bergegas bergeser ke lokasi rumah penderita Stunting berikutnya.

Wong yang telah diangkat menjadi bapak Asuh Stunting ini pun bergerak menuju ke kediaman keluarga Alfiah, di Jalan Pertiwi Gang Bersama, Wong Chun Sen pun kembali memberikan bantuan berupa susu, vitamin dan sembako kepada keluarga bayi penderita Stunting bernama Alfiah (3).

“Saya melihat, Alfiah (bayi stunting-red) sudah mengalami perubahan, meskipun fisik nya belum stabil. Namun kita akan terus memberikan bantuan gizi agar tubuh anak dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat normal kembali,”sebut nya.

-Bayi Stunting sudah sehat dan bisa bermain-

Wong melanjutkan kembali untuk menemui seorang balita perempuan penderita Stunting
bernama Tuk Maida Br.Dalimunthe (3) yang berdomisili di Gang Sembada Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung. Menurut Wong Chun Sen, kondisi Tuk Maida sudah dalam kondisi sehat. Disini terlihat Wong sangat senang sebab upaya yang dia lakukan berhasil apalagi ketika melihat Tuk Maida Br.Dalimunthe  sudah dapat berlari dan sehat seperti bayi normal lainnya.

“Tuk Maida Br.Dalimunthe, bayi berusia 3 tahun ,4 bulan, sudah dapat berjalan dan bermain dengan anak seusianya yang lain. Saya sangat senang dan terharu apalagi, ini yang ke 14 kali kalau tidak salah satu berikan susu dan vitamin, semoga Tuk Maida Br.Dalimunthe  tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar,” harap Wong

Terlihat kedua orangtua Tuk Maida Br.Dalimunthe  mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan anggota DPRD Kota Medan itu selama ini kepada anak mereka.

“Tuk Maida, sudah sehat dan sudah bisa berjalan.Perkembangan sudah banyak, terimakasih banyak buat bg Wong,” imbuh Zulpan Dalimunthe orang tua dari Tuk Maida.

Wong pun melanjutkan kembali memberikan bantuan bagi bayi Stunting di Jln Pertemuan No 9 daerah Medan Perjuangan, Kota Medan. Dimana, Adriel Delano Siagian berusia 4 tahun dan belum bisa berjalan.

Disini Wong juga memberikan bantuan berupa susu dan vitamin beserta sembako. Bantuan yang kesekian kalinya itu diberikan langsung kepada  Graselita Br.Rajagukguk dan Anggiat Siagian selalu orangtua dari bayi Stunting ini.

“Saya melihat juga Adriel Delano Siagian yang berusia 4 tahun, sudah lebih baik dari sebelumnya, meskipun belum dapat berjalan normal diusianya saat ini,”,kata Wong. Adriel Delano Siagian, lanjut Wong lagi, sudah yang ketiga kali di berikan susu dan vitamin. “Semoga setiap hari perkembangan tubuh nya terus membaik,” sebut Wong.

Kepada awak media yang mendampingi, Wong mengatakan dari lima bayi penderita Stunting yang sudah diberikan susu dan vitamin, ada satu bayi yang sudah sehat, dan berapa lagi sudah mengalami perubahan dari sebelum diberikan susu dan vitamin.

“Semoga dengan bantuan yang diberikan, jumlah penderita Stunting di kota Medan khususnya di Dapil 3 dapat menurun,” pungkas Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini.  (A-Red)