Anak Bupati Rokan Hillir Akan Mendemo Wakil Bupati, Ketua DPD PITP Sumut Johanes Siregar Angkat Bicara

IMG 20230723 WA0487

DNTV | RIAU – Gerakan Millenial Rohil Bangkit (GMRB) yang dikomandoi Nalladia Ayu Rokan selaku Ketua Umum yang juga merupakan Putri kandung dari Bupati Rokan Hillir Afrizal Suntong akan memimpin langsung aksi Demo yang akan di laksanakan senin (11/9/2023) di Kantor Kejaksaan Tinggi Riau untuk mendemo Wakil Bupati Rokan Hillir Sulaiman SS.MH sebagaimana surat GMRB yang beredar di Masyarakat dengan Nomor: 74.BPH/GMRB-RH/IX/2023.

Aksi ini di nilai tidak Etis dan tidak pantas apa yang di lakukan oleh Ketua Umum GMRB Nalladia Ayu Rokan, karena Bupati Rokan Hillir dan Wakilnya adalah satu paket yang di pilih langsung oleh rakyat Rokan Hillir untuk mengkelola Pemerintahan di Kabupaten Rokan Hillir dan Bupati merupakan salah satu Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan orang yang paling bertanggung jawab terhadap adanya dugaan kebocoran kerugian negara dalam Pengelolaan dana Bansos.

Mendemo Wakil Bupati Rokan Hillir Sulaiman SS.MM ke Kejaksaan Tinggi Riau dengan tuduhan dugaan Penyalagunaan Dana Hibah Pengurus Cabang IKA PMII Kabupaten Rokan Hillir sebesar Rp. 450.000.000,- dinilai tidak Elok dan tidak berdasar karena terkesan di paksakan hanya untuk memenuhi keinginan pihak ketiga yang ingin memecah belah Bupati dan Wakilnya demi tujuan Politik tertentu.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPD Perkumpulan Indonesia Transparansi Publik (PITP) Sumatera Utara Johanes Siregar SH. MH mengatakan meminta kepada Kejaksaan Tinggi Riau agar segera memproses dan memeriksa Bupati Riau Afrizal Suntong atas dugaan adanya penyaluran Dana Bansos yang di duga fiktip kepada beberapa Organisasi Masyarakat dan LSM di Rokan Hillir dan ini merupakan suatu Kerugian Keuangan Negara, ucapnya minggu (10/9/2023) di Medan.

Terkait hal terasebut Johanes Siregar SH.MH yang juga seorang Advocad ini mengatakan dalam waktu dekat akan segera menyurati Kepala Kejaksaan Tinggi Riau dan KPK di Jakarta agar Bupati Rokan Hillir segera di Audit. Dan di kabarkan di Bagan Siapi-api terjadi Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat ASN di Pemkab Rohil tidak lagi melibatkan Wakil Bupati dan Pelantikan di serahkan kepada Sekda Pemkab Rokan Hilir, dan terkait aksi yang akan di lakukan GMRB sangat berlebihan karena melibatkan langsung Anak Bupati Rokan Hillir selaku Ketua Umum GMRB. Dan pendirian Ormas GMRB menurut informasinya ada semenjak Afrizal Sintong di lantik menjadi Bupati Rokan Hilir artinya masih seumur jagung.

Atas temuan ini Kejaksaan Tinggi Riau agar segera mengusut dugaan aliran Dana ke Organisasi GMRB yang di Pimpin Putri Kandung Bupati Nalladia Ayu Rokan dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang di sinyalir masih keluarga Bupati sendiri. Masyarakat Rohil sudah banyak mengeluhkan atas keberadaan Ormas ini di Rokan Hilir karena tidak segampang itu mendapatkan bantuan dana. Atas hal tersebut Masyarakat Rohil akhirnya membuat Laporan ke aparat Penegak Hukum. (ss)