Efek Negatif Narsistik (NPD) dalam Hubungan Suami Istri dan Dampaknya pada Anak

NPD1

Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah gangguan kepribadian di mana seseorang memiliki pandangan yang berlebihan tentang pentingnya diri mereka sendiri. Dalam rumah tangga, kehadiran NPD baik pada suami maupun istri dapat menimbulkan berbagai masalah.

Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi hubungan suami istri tetapi juga memiliki dampak negatif yang signifikan pada perkembangan anak-anak mereka.

Narcissistic Personality Disorder dalam rumah tangga dapat menciptakan lingkungan yang penuh dengan konflik dan ketidakstabilan. Ketika kedua pasangan mengidap NPD, dampaknya bisa lebih parah, terutama bagi anak-anak yang tumbuh dalam situasi tersebut. Dengan pemahaman yang lebih baik dan bantuan profesional, individu dan keluarga yang terkena dampak NPD dapat belajar untuk mengelola kondisi ini dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi semua anggotanya.

Apa Itu Narcissistic Personality Disorder (NPD)?

Narcissistic Personality Disorder adalah kondisi psikologis di mana individu menunjukkan pola perilaku yang berlebihan dalam mencari perhatian, pujian, dan pengakuan dari orang lain. Orang dengan NPD sering memiliki sedikit empati terhadap orang lain dan merasa diri mereka lebih unggul. Mereka juga cenderung manipulatif dan memanfaatkan orang lain untuk mencapai tujuan mereka.