Komisi IV Lakukan Evaluasi Kinerja Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Saat RDP

IMG 20210518 101353

 

Medan – DELINEWSTV.COM : Untuk mengevaluasi kinerja yang sudah dicapai Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Komisi IV DPRD Medan undang Husni selaku Kepala Dinas, dalam Rapat Dengar Pendapat, diruang Komisi IV gedung DPRD Medan Jalan Kapten Maulana Lubis, Selasa (18/5/2021).

Dihadapan Ketua Komisi IV Paul Mei Anton Simanjuntak, Dame Duma Sari Hutagalung, Renville P Napitupulu, Daniel Pinem, Edwin Sugesti dan Saiful Ramadhan, Kadis Kebersihan Husni mengungkapkan, bahwa pada triwulan ke II dari bulan Januari  hingga Juni, kinerja sudah dilakkan berkisar 22,23 % atau sekitar 128 miliar, dari target 26% yang harus dicapai. “PAD tahun ini sekitar 504 miliar, jadi mudah-mudahan semua target pekerjaan dapat tercapai nantinya,” jelasnya.

Renville Napitupulu kembali mempertanyakan atas aduan masyarakat masalah lampu dibeberapa ruas jalan Kota Medan, yang masih banyak belum terselesaikan pemasangan nya. “Hal ini terungkap saat saya menggelar Sosper dan Reses beberapa waktu lalu,” imbuhnya.

Menanggapi masukkan ini, Husni menilai kalau pergantian barang atau lampu jalan, memang berkaitan dengan tingkat kerusakannya. “Dengan subsidi silang, mudah-mudahan dalam waktu dekat pemasangan lampu akan dikerjakan,” tukasnya.

Sedangkan Paul dan Saiful Ramadhan mempertanyakan pelimpahan penanganan sampah dari Dinas ke pihak Kecamatan. “Apa pendapat bapak Kadis atas permasalahan ini, apakah lebih baik atau lebih parah penanganan sampah tersebut nantinya,” ucap mereka.

Menanggapi pertanyaan ini, Husni mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menambah pengadaan 4 TPS yang sudah diprogramkan. “Masalah PAD untuk tahun ini masih menjadi kewenangan Dinas Kebersihan. Termasuk biaya operasional pegawai dan perawatan kendaraan. Dengan tambahan 4 TPS ini, nantinya mengurangi permasalahan sampah yang ada di Kota Medan,” harapnya.

Pelimpahan kewenangan ini, tambah Husni, merupakan mekanisme yang harus bersinergi, antara Dinas Kebersihan dan pihak Kecamatan. “Nantinya kita akan terus berkoordinasi dan komunikasi untuk penanganan dan pelayanan sampah kepada masyarakat,” terangnya.

Dame Duma dalam rapat ini kembali mengingatkan agar Dinas Kebersihan menambah jumlah tong sampah di beberapa sudut Kota Medan. ” Ini untuk menghindari masyarakat membuang sampah di sembarang tempat. Sebab, pada saat Reses kemarin, banyak aduan masyarakat yang meminta pengadaan tong sampah kepada saya,” tuturnya.

Mengenai pengadaan tong sampah, pihak Dinas Kebersihan sudah banyak menempatkan di pojok-pojok tempat pembuangan sampah. “Sementara tingkat kesadaran masyarakat masih kurang untuk merawat tong sampah dan membuang sampah ditempat yang sudah disediakan,” pungkas Husni.

Reporter : Amsari