Tewas Ditembak, Ini Profil Presiden Haiti

Logopit 1625739920458

Karier Politik

Pada tahun 2015, Presiden Michel Martelly menunjuk Moise sebagai calon presiden dari partai politik yang didirikan Martelly, Haiti Tèt Kale Party (PHTK). Dalam kampanyenya, Moise mempromosikan pertanian bio-ekologis sebagai mesin ekonomi untuk Haiti.

Dia juga menyatakan dukungan untuk kebijakan yang ditempuh oleh Martelly. Di antaranya pendidikan universal dan perawatan kesehatan, reformasi energi, supremasi hukum, penciptaan lapangan kerja yang berkelanjutan, perlindungan lingkungan, dan pengembangan Haiti sebagai tujuan ekowisata dan agriwisata.

Pada putaran pertama pemilu 15 Oktober 2015, Moise meraup suara sebanyak 32,8 persen. Dia pun dinyatakan lolos ke putaran kedua.

Sedangakan, exit poll yang dilakukan oleh Haiti Sentinel menunjukkan Moise hanya menerima enam persen suara. Akhirnya, banyak pengamat menyebut hasil pemilu tersebut curang.

Akibatnya, ribuan orang turun ke jalan dalam protes kekerasan, memaksa penundaan pemilihan putaran kedua. Pemilu putaran kedua yang awalnya akan digelar pada Juni 2016 pun akhirnya dibatalkan.

Pemilu akhirnya diulang pada November 2016. Dalam pemilu tersebut, Moise justru menduduki urutan pertama dengan jumlah suara sebanyak 55,67 persen.

Dengan perolehan jumlah suara tersebut, sekaligus meniadakan pemilu putaran kedua. Jovenel Moise pun dilantik pada 7 Februari 2017 untuk masa jabatan lima tahun.

(DNN/Duniaoberita)

Source: iNews