Hasyim SE Dukung Pembangunan Makam Guru Patimpus.

IMG 20220819 211342

 

DNN l Medan – Ketua DPRD Medan, Hasyim SE mendukung penuh rencana pembangunan makam Geriten Sang Pendiri Kota Medan, yakni Guru Patimpus Sembiring Pelawi, yang berlokasi di Desa Lama Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

Ketua DPC PDI-P kota Medan ini, juga mendukung peluncuran dan pencetakan buku Guru Patimpus Sembiring Pelawi, sebagai bentuk upaya sosialisasi atas jasanya mendirikan Kota Medan pada tahun 1590 silam.

“Ini perlu dilakukan, karena banyak generasi muda sekarang yang tidak tahu sejarah berdirinya Kota Medan,” kata Hasyim kepada wartawan usai menerima audiensi Panitia Peluncuran Buku dan Pembangunan Makam Guru Patimpus, belum lama ini.

Hasyim juga menambahkan, sekitar dua tahu lalu, dirinya sempat bertemu dengan Arry Darma, seorang pemahat Patung Guru Patimpus yang kini sudah uzur dan menetap di Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

“Saat itu Arry banyak berkisah tentang pengerjaan pemahatan patung tersebut. Dan kami juga menyarankan, agar kedepannya panitia peluncuran buku Guru Patimpus ini bisa membuat semacam film dokumenter, agar bisa menjadi bukti audio dan visual,” ujar Hasyim.

Sementara itu, Sidarta Sembiring Pelawi didampingi Kolonel TNI (Purn) Dalin Sembiring yang mewakili 4 keturunan Guru Patimpus mengatakan, saat ini persentase warga Kota Medan yang mengenal Guru Patimpus sebagai pendiri Kota Medan hanya sekitar 23 persen.

“Ini sedikit sekali. Karena itulah kami dari 4 garis keturunan Guru Patimpus bermaksud meluncurkan bukunya, berisikan sejarah dan biografinya termasuk sejarah pendirian Kota Medan ini. Juga dengan melakukan pemugaran terhadap makam Guru Patimpus yang sufah berusia 412 tahun. Kami membantu pemerintah terkait sejarah kota ini,” terangnya.

Diakhir kunjungan, tak lupa Sidarta mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemko Medan, serta DPRD Kota Medan dan berbagai pihak yang sudah membantu.

“Ini adalah sejarah kita bersama, sejarah Kota Medan,” pungkasnya. (A-Red)