Mayjend Gadungan Diamankan! Terbongkar Motif Nekatnya Mengaku Prajurit TNI

IMG 20240426 WA0066

DELINEWSTV
Medan – Seorang pria yang mengaku sebagai Mayor Jenderal TNI gadungan, Jarianto Jamin (JM), diringkus oleh aparat gabungan Provost Kodam 1 BB dan Sat Reskrim Polrestabes Medan. Motif nekat JM menyamar sebagai perwira tinggi TNI terungkap, yaitu untuk membantu seseorang masuk menjadi calon Taruna Akmil dan calon Tamtama TNI AD.

Pada Senin (22/4/2024) sekitar pukul 23.00 WIB, JM mendatangi Kodam I Bukit Barisan dengan tujuan menemui Kasdam. Tingkah lakunya yang mencurigakan membuat Kasdam curiga dan memanggil provost untuk memeriksa identitas JM.

Terbongkarlah kedok JM. KTP miliknya yang semula berstatus wiraswasta telah diubahnya menjadi TNI. JM juga membuat SIM A menggunakan KTP yang telah diedit tersebut di Satlantas Polresta Pekanbaru.

“Tersangka melanggar Pasal 263 Ayat (1) dan (2) KUHPidana dengan ancaman penjara selama 6 tahun,” jelas Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Teddy John Sahala Marbun SH MHum.

Kasus ini juga akan dilimpahkan ke Polresta Pekanbaru karena identitas JM dibuat di kota tersebut.

Penangkapan JM menjadi pengingat bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap orang-orang yang mengaku sebagai anggota TNI gadungan. Jangan mudah percaya dengan janji-janji manis yang mereka tawarkan. (Bern)

sumber : humas