Wong Chun Sen Resmikan Pondok Pintar dan Gerobak Baca di Kantor Camat Medan Tembung

IMG 20221009 105821

 

DNN l Medan – Anggota DPRD Kota Medan, Drs Wong Chun Sen Tarigan, MPd.B menghadiri dan meresmikan lounching Gerobak Baca sumbangan dari Rotary Club of Medan Talenta, di halaman kantor Camat Medan Tembung, Jalan Kapten M.Jamil Lubis Nomor 107 Kelurahan Bandar Selamat, Kecamatan Medan Tembung, Minggu (9/10/22) dimulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Acara ini juga dihadiri Ketua Walubi Sumut, yang juga penasehat Rotary Talenta, Brilian Mukhtar, Distrik Governur (DG) Rotary Internasional Distrik 3410, Rionardi Charles Wong, Camat Medan Tembung, Fianti Dewi Nasution, ketua Yayasan Maharani, Ketua PMI Kecamatan Medan Tembung, Jaeli Kristina, donatur buku dan perwakilan Rotary Talenta D3410, serta seorang pelajar pertukaran Rotary asal Canada, Adam.

IMG 20221009 104256

Dalam sambutannya, Wong Chun Sen mengatakan, bahwa proses pembangunan Pondok Pintar dilakukan lewat survei, dan disepakati lokasinya di kantor Camat Medan Tembung, tepat disebelah kantin. Ini untuk mempermudah akses informasi.

“Kita berharap, keberadaan Pondok Pintar dan Gerobak Baca ini, dapat memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya di kecamatan Medan Tembung. Disekitar ini banyak terdapat sekolah, sehingga pelajar dapat datang ke Pondok Pintar untuk membaca buku,” katanya kepada wartawan.

Ketua Taruna Putih (TMP) Kota Medan ini menambahkan, banyak membaca akan menstimulasi otak dan dapat mengurangi 67 persen stress. Membaca juga sangat bermanfaat bagi anak-anak dan orangtua. Menbaca juga banyak menambah kosa kata dan wawasan, serta meningkatkan memori otak.

“Jarang membaca, buat otak cepat pikun. Namun membaca membantu otak untuk menganalisa dan berpikir. Selain itu, dapat memfokuskan diri. Ini sangat bermanfaat. Karena juga dapat meningkatkan hubungan sosial dengan masyarakat lain,” ujarnya.

IMG 20221009 110042

Wong juga berharap, pondok pintar itu dapat berguna sebagai mana mestinya. “Semoga Bu Camat mampu merawat pondok pintar, terutama gerobak baca, sehingga dapat tetap bermanfaat bagi para anak didik,” tuturnya nya.

Sementara itu, Camat Medan Tembung, Fianti Dewi Nasution mengaku sangat senang, kantor Camat Medan Tembung dipilih sebagai tempat Pondok Pintar dan Gerobak Baca oleh Rotary Talenta.

“Kiranya, keberadaan gerobak Baca dan pondok pintar dapat menarik minat anak-anak di daerah ini. Karena dengan rajin membaca buku, cakrawala akan terbuka dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Saya berterimakasih pada pak Wong Chun Sen Tarigan, pak Brilian Muktar, dan Distrik Governur Rotary Internasional Distrik 3410, Rionardi Charles Wong beserta tim,” ujarnya.

Sedangkan Rionardi Charles Wong pada kesempatan ini mengaku sangat senang dapat membantu masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan. “Karena misi Rotary Talenta lebih menitik beratkan pada masalah kesehatan, dan pendidikan. Kami harap, Pondok Pintar dan Gerobak Baca dapat bermanfaat bagi siswa/siswi sekolah sekitar kantor Camat,” tukasnya.

Brilian Muktar yang didapuk sebagai penasehat Rotary Talenta kembali menambahkan, keberadaan Rotary Talenta selain membantu membuat Pondok Pintar dan Gerobak Baca juga dapat fokus dalam penanganan permasalahan Stunting, yang banyak ditemukan di Sumatera Utara.

” Dikota Medan, saat ini ada 4 Kecamatan yang ada permasalahan Stunting yakni,140 orang anak di Medan labuhan, Medan Belawan 40, Medan Marelan 80 dan Medan Deli sekitar 20 an,” ungkap Brilian Muktar.

Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Provinsi Sumatera Utara ini pun meminta dukungan dari para pengurus Rotary Talenta, untuk dapat membantu permasalahan Stunting di Sumatera Utara.

“Nanti kita bisa bekerjasama dengan seluruh Apotik, petugas kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan produsen susu serta produsen obat-obatan di Sumut, agar mau membantu meringankan permasalahan stunting di Indonesia, khususnya di kota Medan, Sumatera Utara,” harapnya.

IMG 20221009 105632

Usai memberikan kata sambutan, pihak panitia selanjutnya mengundang para tamu undangan untuk menggunting pita sekaligus meresmikan Pondok Pintar dan Gerobak Baca Bantuan dari Rotary Club Of Medan Talenta. (A-Red)