Gelar Seminar Awam Kanker, Ketua YKI Medan Edukasi Masyarakat Deteksi Gejalanya Sedini Mungkin

IMG 20231006 WA0071

 

DNN l Medan – Guna mencegah dan mendeteksi gejala kanker secara dini, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Medan menggelar Seminar Awam Kanker dan Pencegahannya di Kota Medan di Hotel Grand Mercure Jalan Sutomo Medan, Jum’at (06/10/2023). Melalui seminar ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan mendeteksi gejala kanker secara dini sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati sejak awal.

“Seperti yang kita ketahui, kanker dapat menyerang siapa saja dan tidak memandang umur. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang terkena kanker. Apalagi kanker ini banyak jenisnya. Maka dari itu, kita harus mengetahui dan mengedukasi masyarakat dalam mencegah kanker,” kata Ketua YKI Cabang Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution saat membuka Seminar Awam Kanker dan Pencegahannya di Kota Medan.

Dihadapan Sekretaris YKI Cabang Kota Medan, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman dan para peserta, Ny kahiyang Ayu selanjutnya berpesan kepada para peserta untuk benar-benar mendengarkan apa yang disampaikan para narasumber.

“Apa yang disampaikan tentunya sebagai bahan untuk memberikan edukasi bagaimana cara pencegahan kanker dan mendeteksi secara dini. Narasumber juga harus memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya kepada para peserta,” ungkapnya.

Sedangkan kepada kepala puskesmas, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, Ny Kahiyang berharap agar dapat selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama kaum ibu untuk dapat mendeteksi kanker sendiri seperti kanker payudara.

“Kaum ibu juga dapat menginformasikan kepada keluarganya bagaimana cara mendeteksi gejala kanker payudara,” harapnya.

Sementara itu, dr Iman Surya MKes selaku Ketua Panitia menyampaikan, tujuan diselenggarakannya seminar ini untuk menyebarkan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat tentang penyakit kanker dan mengetahui gejala sejak awal sehingga masyarakat tersebut dapat melakukan pengobatan secara dini.

“Seminar ini diikuti sebanyak 230 peserta yang terdiri dari TP PKK Kota Medan, TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, Kepala Puskesmas se-Kota Medan serta para Pengurus YKI Cabang Kota Medan,” tuturnya. (A-Red)