DPRD Samarinda Sentil Dishub Gegara Lampu Penerang Jalan Bukan Prioritas

IMG 20240221 WA0047

DELINEWSTV | SAMARINDA – Kebutuhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kota Samarinda belum terpenuhi secara optimal. Penyebabnya karena anggaran belum mencukupi.

Ketua Komisi III DPRD Samarinda Angkasa Jaya Djoerani meminta agar pemenuhan LPJU menjadi prioritas dalam alokasi APBD Kota Samarinda, guna menjaga keselamatan masyarakat di jalan, terutama di malam hari.

“Sama seperti kegiatan fisik yang rutin dikerjakan setiap tahun, kami juga mendorong agar pemenuhan LPJU menjadi salah satu kegiatan prioritas,” kata Angkasa usai melakukan pertemuan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda, Senin 8 Januari 2024.

Angkasa menyayangkan jika keterbatasan anggaran selalu menjadi alasan untuk memenuhi kekurangan penyediaan LPJU. Padahal menurutnya pembangunan LPJU tidak kalah penting dengan kegiatan pengendalian banjir.

“Sejak empat tahun ini sudah menjadi persoalan, kenapa tidak bisa jadi kegiatan prioritas?” ujar Angkasa.

Sekretaris Dishub Samarinda, Siami Misnam mengungkapkan, mereka terus mempertimbangkan beberapa masukan dari DPRD Samarinda, terutama terkait kegiatan yang akan direalisasikan tahun ini.

Walaupun demikian, dia mengakui terjadi penurunan anggaran untuk beberapa kegiatan Dishub Samarinda, meskipun realisasi anggaran yang telah dilaksanakan selama ini berjalan lancar.

“Meski begitu, anggaran masih dapat ditambah melalui usulan APBD Perubahan, dan kami akan mempertimbangkan evaluasi dari dewan sebagai panduan untuk menjalankan kegiatan di tahun 2024,” demikian Siami Misnam.

Penulis Hendi Gea