Lihat Contoh Surat Perjanjian Sewa Alat Berat Sebelum Sewa Menyewa

surat-perjanjian-rental-alat-berat

Dalam dunia industri dan konstruksi menyewa peralatan meupakan hal penting. Ketika membutuhkan perlatan khusus untuk menyelesaikan pekerjaan namun tidak memilikinya, rental merupakan cara cepat dan terjangkau.

Kenapa lebih memilih rental ? Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli langsung sedangkan barang tersebut belum tentu digunakan dalam waktu yang lama.

Mengapa harus membeli peralatan apalagi harga nya bahkan tidaklah murah belum lagi biaya perawatan dan nasib alat tersebut kedepannya, bisa saja hanya terduduk dan hanya menjadi barang busuk. Dana untuk membeli peralatan tersebut mungkin masih bisa untuk menyiapkan disimpan atau menyiapkan proyek kedepannya.

Dalam kesepakatan sewa menyewa anda membutuhkan surat perjanjian. Namun jangan khawatir anda dapat melihat contoh surat perjanjian sewa menyewa yang sudah kami siapkan terutama untuk peralatan dan alat berat.

Template Surat Perjanjian Sewa Alat

Perjanjian Sewa Standar

Template ini adalah perjanjian sewa peralatan, dalam template ini sudah termasuk syarat pembayaran, lokasi peralatan, dan logistik.

tempat-sewa-alat-berat

Perjanjian Sewa Beli

Template ini lebih lengkap dari template sebelumnya ada 19 poin penting di dalamnya termasuk biaya,penafian,dan opsi yang dapat anda ubah.

template-sewa-alat

Poin Penting Surat Perjanjian Alat

Ada beberapa poin pentung yang mungkin Anda pertimbangkan termasuk dalam perjanjian sewa Anda. Berikut adalah beberapa yang paling umum:

Pembatasan
Detail jika ada batasan tentang bagaimana lessee dapat menggunakan peralatan. Sertakan hal-hal seperti apakah mereka dapat memodifikasinya atau menggunakannya di luar tujuan penggunaan pabrikan.

Logistik
bagaimana peralatan akan sampai ke lokasi kerja ? Apakah pengiriman dilakukan oleh pemilik atau akan diambil oleh peminjam ? Bagaimana dengan mengembalikan peralatan? Apakah diantar ke gudang atau ke lokasi lain ? hal ini layak anda pertimbangkan terlebih dahulu

Pemeliharaan
Apakah tanggung jawab penyewa untuk memelihara peralatan? Jika demikian, ada baiknya dimasukkan dalam perjanjian sewa peralatan. Jika pemilik alat mempunyai teknisi khusus dan atau bisa aja mewajibkannya, maka bagaimana dengan gaji dan akomodasi para teknisi tersebut.

Syarat pembayaran
Panjang sewa, jumlah setiap pembayaran, dan harga pembelian (dalam skenario sewa-untuk-sendiri) juga penting untuk disertakan dalam perjanjian.

Poin lain yang perlu dipertimbangkan termasuk adalah:

  • Siapa yang bertanggung jawab atas pajak dan biaya
  • Uang jaminan
  • Asuransi yang diperlukan
  • Masa tenggang (jika Anda memilih untuk menawarkannya)

Kendala Sewa Menyewa Alat

Beberapa perselisihan atau tantangan umum yang dapat terjadi dalam skenario sewa meliputi:

  • Pembayaran yang terlewatkan
  • Penyewa mengembalikan peralatan dalam kondisi buruk
  • Peralatan gagal karena perawatan yang buruk, menyebabkan proyek tertinggal
  • Penyewa memodifikasi peralatan tanpa hak untuk melakukannya
  • Pemilik tidak dapat menemukan peminjam, atau peralatan untuk mengambilnya kembali