Rencana Pemko Medan Berlakukan PPKM Level IV, Hendra DS: Masyarakat Harus Hidup Sehat dan Bersih

HENDRA DS

 

Medan – DNN: Anggota DPRD Medan Hendra DS mengajak seluruh masyarakat kota Medan meningkatkan kesadaran menjaga didalam menjaga kebersihan. Warga diminta mewadahi sampah, mulai dari sampah rumah hingga  hingga sapah dilingkungan masing masing.

Ajakan itu disampaikan Ketua DPC Hanura Kota Medan ini, apabila Pemko Medan benar-benar memberlakukan penerapan PPKM level IV diakhir Desember nanti.

“Untuk itu segenap lapisan masyarakat harus mendukung program Pemko Medan terkait kebersihan. Sebab, tanpa dukungan dari kita, program Walikota Bobby Nasution untuk membawa kota Medan menuju zona aman akan sia-sia,” ujar Hendra DS kepada wartawan, Senin (6/12/2021).

Seiring dengan itu Hendra DS mendorong Pemko Medan memberikan dan memfasilitasi sarana dan prasarana tempat dan angkutan sampah di Kota Medan. “Jika kita dan Pemko Medan saling mendukung untuk kebersihan, maka lingkungan kita akan bersih dan asri,” ujarnya.

Dewan yang duduk di Komisi IV DPRD Medan ini juga menambahi, dengan penanganan sampah yang benar, dengan membuang sampah pada tempatnya sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, dengan mewadahi sampah dengan benar, akan meminimalisir banjir di kota Medan.

“Jangan ada lagi sampah dibuang  ke parit, yang mengakibatkan parit jadi tersumbat, sehingga aliran drainase terganggu dan akan mengakibatkan banjir. Kita harus sadar dengan kebersihan, budayakan kutip sampah, kebersihan itu pangkal kesehatan,” imbuh Hendra.

Ditambahkan Hendra, terkait sarana pendukung kebersihan. Untuk Tahun 2022, DPRD bersama Pemko Medan sudah mengesahkan anggaran Dinas Kebersihan untuk penanganan sampah di APBD TA 2022 sebesar Rp 496,6 M lebih.

“Dengan alokasi dana yang besar dan penambahan truk sampah ditambah 10 unit dan 100 unit becak, sampah masyarakat kota Medan dapat teratasi,” pungkasnya.

Reporter: Amsari