Hasyim SE Apresiasi Pemko Medan Laksanakan Mudik Gratis

IMG 20220421 044520

Medan – DNN: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE mengapresiasi pelaksanaan ‘Mudik Gratis’ yang buat oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk semua masyarakatnya, baik itu Buruh, Pekerja, Mahasiswa dan Pelajar yang akan pulang ke kampung halamannya menjelang hari raya Idul Fitri 1443H.

“Saya apresiasi kegiatan mudik gratis yang dilaksanakan oleh Pemko Medan, karena sangat membantu masyarakat Kota Medan yang hendak pulang kampung menjelang lebaran tahun ini,” kata Hasyim. Saat dikonfirmasi wartawan Via selular, Rabu (20/4/2022).

Ketua DPC PDI-P Medan ini menambahkan, bahwa ‘Mudik Gratis’ yang baru pertama kali dilaksanakan sejak Bobby Nasution menjabat Walikota Medan, sangat membantu sekali warga dari segi finansial. Dimana saat ini kita masih krisis ekonomi akibat dampak  pandemi Covid-19.

“Selain itu, mudiknya warga kekampung halaman, bisa mengurangi kemacetan lalu lintas di Kota Medan. Sebagaimana yang kita tahu, di saat mudik mobilitas kendaraan cukup tinggi. Tentunya dengan mudik gratis ini kemacetan lalu lintas sedikitnya berkurang,” ujarnya.

Hasyim juga menhimbau kepada para pemudik, alangkah baiknya tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Alangkah baiknyanya kita mencegah, sebelum terjadi.

“Untuk itu, mari kita tetap gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan. Semua itu dilakukan agar terhindar dari covid-19. Sehingga pemudik bisa bertemu dengan keluarga, sanak saudara dihari Raya Idul Fitri 1443 H, dan saling bermaaf-maafan dihari yang fitri tersebut,” jelasnya.

Dikesempatan ini, lanjut Hasyim, dirinya juga mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan memohon maaf kepada seluruh masyarakat terutama warga kota Medan dimanapun berada.

“Semoga dihari yang fitri nanti, semua dosa kita dihilangkan. Amin,” tuturnya.

Sebelumnya, Kadis Perhubungan kota Medan, Iswar ST juga  mengutarakan, siapa saja masyarakat yang ingin mudik lebaran. Kami menyiapkan fasilitas armadanya.

“Layanan ini khusus untuk warga, buruh, mahasiswa dan pelajar yang pekerja kota Medan yang hendak pulang kekampung halamannya, selama itu masih diwilayah Sumatera Utara,” ucapnya.

Dikatakannya, bagi warga yang hendak mudik gratis tidak dibatasi armadanya. Pendaftaran mulai dibuka pada 20-25 April 2022 dari pukul 10.00 Wib s/d 16.00 Wib. “

“Tempat pendaftarannya ada di Posko Dishub kota Medan sisi Jalan Pulau Pinang Lapangan Merdeka. Bisa juga mendaftar secara online, ‘lewat-mudik bareng.pemkomedan.go.id’ terangnya.

Dan untuk kebarangkatannya, sambung Iswar, dimulai pada 29,30 April dan 1 Mei 2022. Titik kumpul keberangkatan dilapangan Merdeka Medan.

” Adapun rute perjalanan mudik gratis antara lain. 1. Medan-Rantau Prapat-Kota Pinang-Gunung Tua-Palas-Sibuhuan. 2. Medan-Prapat-Sipirok-Sidempuan-Penyambungan-Natal. 3 Medan-Tarutung-Sibolga. 4. Medan-Sidikalang-Pakpak Bharat,” pungkasnya.

Reporter: Amsari