Saat Sosperda, David Roni G Sinaga Himbau Masyarakat Kelurahan Binjai Bayar Pajak Tepat Waktu

IMG 20221107 165548

 

DNN l Medan – Mendukung penuh program Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution dalam membenahi infrastruktur, ekonomi, LPJ dan juga meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kota Medan dari sektor PBB, Anggota DPRD Kota Medan, David Roni Ganda Sinaga SE, kembali melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) No.3 Tahun 2011 Tentang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perdesaan dan Perkotaan, kepada ratusan masyarakat Jl. Bromo Lorong Trimo, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Senin (7/11/2022) sore.

Dalam sosialisasi Perda tersebut, Politisi muda Partai PDI-P kota Medan ini mengatakan, pembangunan infrastruktur dan aspek lainnya yang diprioritaskan oleh Walikota Medan, mustahil terwujud tanpa peran serta dari warga masyarakat dan pihak terkait lainnya.

“Dengan lancarnya pembayaran PBB milik masyarakat, target capaian PAD Kota Medan dapat tercapai. Sehingga rencana pembangunan yang diprogramkan oleh Walikota Medan Bobby Nasution bisa terlaksana,” kata David Roni.

IMG 20221107 160609

Selain menjelaskan pentingnya masyarakat membayar PBB, anggota Komisi IV DPRD Medan ini juga mengingatkan, bahwa uang hasil pembayaran PBB tersebut, akan digunakan oleh Pemko Medan untuk membangun seluruh prasarana publik.

“Selama ini, masih banyak masyarakat yang enggan membayar PBB nya. Padahal hasil dari pembayaran PBB itu sendiri sudah kita nikmati bersama. Salah satunya pembangunan infrastruktur, drainase, kesehatan dan sapras lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Binjai Timur, M Awal Syahputra dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kondisi tanah di Kelurahan Binjai ini lebih rendah daripada Kelurahan lain yang ada.

“Saya berharap kepada masyarakat, mau memberikan keritik dan saran untuk kemajuan Kelurahan Binjai Timur. Dan pastinya, kami berharap agar masyarakat tidak membuang sampah rumah tangga ke parit. Sehingga penanganan banjir dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

BPPRD Kota Medan, dalam hal ini diwakili Kabid Teknis, Joharsyah juga mengucapkan terima kasih atas kegiatan Sosialisasi Perda No.3 Tahun 2011 mengenai PBB kepada masyarakat.

“Tugas kami untuk menghimbau agar masyarakat dapat memenuhi kewajibannya membayar pajak bumi dan bangunan miliknya. Terlebih bagi masyarakat yang memiliki rumah makan, restoran dan lahan parkir,” tuturnya.

Dalam sesi tanya jawab, Dina dan Suryani warga Lorong Trimo mempertanyakan, apakah tanah garapan yang mereka tempati diharuskan membayar PBB. “Kalau bisa, kami mau mengurus pajak PBB nya dan bagaimana caranya,” imbuh mereka.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Joharsyah menjelaskan, terkait masalah tanah garapan, untuk saat ini masih menjadi masalah. “Perlu diketahui, setiap masyarakat yang bermohon pengurusan PBB, pihak BPPRD akan menyelidiki status tanah yang dimiliki oleh masyarakat. Yang pasti, kepemilikan tanah harus bersertifikat atau SHM,” tegasnya.

Sedangkan Kepala Lingkungan XII Kelurahan Binjai Timur, M. Ikhsan juga meminta agar bapak David Roni Ganda Sinaga menindaklanjuti permintaan warga, agar parit yang ada disepanjang jalan Bromo dikorek.

“Karena, apabila turun hujan deras, air paritnya penuh dan tinggal sejengkal lagi akan tumpah kejalan. Kalau air paritnya meluap, dipastikan akan merendam lorong-lorong yang ada di Kelurahan Binjai Timur ini,” tukasnya.

Menjawab permintaan Kepling XII ini, David Roni berjanji akan segera menindak lanjuti keluhan warga kepadanya dinas PU Kota Medan. “Untuk itu saya minta sama Kepling, agar memfotokan lokasi parit, sekalian pohon mana saja yang akan ditebang,” tuturnya.

Sebelum berakhirnya kegitan Sosperda, tak lupa Ketua DPD BAPERA kota Medan ini mengingatkan, bahwa dirinya siap memberikan masukkan dan solusi terbaik bagi masyarakat terkait masalah yang ada.

“Untuk menindak lanjuti permasalahan yang ada, masyarakat boleh datang ke kantor DPD BAPERA kota Medan, yang berada di Jalan AR Hakim No.182,” pungkasnya sembari menekankan bahwa para staf nya dikantor tersebut siap membantu dan akan menampung setiap aspirasi yang masuk.

IMG 20221107 170016

Diakhir kegiatan Sosper, David Roni memberikan nasi kotak dan seminar kit kepada ratusan masyarakat yang hadir. (A-Red)