Usai Sosialisasikan Perda No 4 Tahun 2012, Dame Duma Ajak Masyarakat Berbuka Puasa Bersama

IMG 20230410 174511

 

DNN l Medan – Anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung SH, kembali melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan dalam 2 sesi. Sesi pertama, pelaksanaannya dilakukan di Jalan Griya Riatur Kelurahan Karang Berombak, Kecamatan Medan Barat, Minggu (9/4/2023) dan sesi kedua dilakukan di Jalan Beringin II Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia,  (10/4/2023) sore pukul 17.00 Wib, yang dirangkai dengan berbuka puasa bersama.

Dihadapan, Tokoh Agama dan ratusan undangan, Politisi Partai Gerindra asal Dapil I Medan ini dalam sambutannya mengatakan, bahwa dengan adanya Perda No.4 ini, bukti pentingnya  BPJS Kesehatan mandiri ataupun Universal Health Covarage (UHC) program JKMB Pemko Medan. Sehingga apa tugas dari tenaga kesehatan, baik Puskesmas maupun Rumah Sakit milik pemerintah jelas tertera. Dan apa yang menjadi hak dari masyarakat pun tertulis jelas di Perda tersebut.

“Pemko Medan bertanggung jawab atas kesehatan masyarakatnya, terutama untuk pelayanan kesehatan pada masyarakat yang belum mempunyai kartu BPJS, pasca endemi Covid-19. Harapannya, dengan kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, seluruh pelayanan kesehatan bisa lebih baik lagi,” katanya.

IMG 20230410 174554

Duma juga menambahkan, kalau masyarakat Karang Berombak ada yang sakit dan belum mempunyai kartu BPJS, segera datang ke rumah aspirasi nya di Jalan Beringin II.

“Saya akan bantu ibu dan bapak, agar bisa diantar kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis,” ujarnya.

Dewan yang duduk di Komisi IV DPRD Medan ini menambahkan, masyarakat harus mempunyai kartu BPJS Kesehatan. Agar pengurusan administrasi di rumah sakit lebih mudah dan gampang.

“Kalau masyarakat sudah punya kartu BPJS, berapapun biaya selama perawatan di rumah sakit akan dibayar oleh pemerintah Kota Medan. Dan sebaliknya, kalau masyarakat tak punya kartu BPJS, pelayanan di rumah sakit akan sulit,” tuturnya.

Usai menyampaikan paparan, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah menjelang waktu berbuka puasa yang dibawakan oleh Al Ustadz Zia Urrahman S.Hi.

“Semoga ibu dewan kita ini, dapat menjalankan dan mengemban amanah yang dititipkan masyarakat untuk memperjuangkan aspirasi mereka,” kata Ustadz disambut tepuk tangan para undangan.

Mendengar do’a dari Ustadz Urrahman, Dame Duma langsung menyatakan tidak akan mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan.

“Amanah sudah kadung saya emban. Niat saya berbuat untuk kepentingan masyarakat tidak akan tergoyahkan. Untuk itu, saya mohon dukungan dari kita semua, agar apa yang menjadi tujuan dapat tercapai,”
pungkasnya.

Amatan wartawan, diakhir Sosperda, Dame Duma menyerahkan seminar kit, nasik kotak dan takjil berbuka kepada ratusan masyarakat. (A-1Red)