Walikota Medan Bongkar Bangunan Tanpa IMB, Wong Chun Sen : Tindak Tegas SKPD Yang Terlibat

IMG 20201113 WA0038

 

Medan – DELINEWSTV : Setelah mengetahui pembongkaran bangunan baru tanpa Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) di seberang gedung bersejarah Warenhuis, Jalan Ahmad Yani VII, Kota Medan, Kamis (25/3/2021). Di apresiasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Medan, Drs.Wong Chun Sen Tarigan, M.Pdb atas kinerja Walikota Medan, Bobby Afif Nasution dan Wakil Walikota Medan, H Aulia Rachman.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, Walikota Medan ingin membenahi kota nomor tiga terbesar di Indonesia. “Setiap ada bangunan tanpa IMB, harus segera ditindak dan jangan ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bermain dibawah. Tak punya Izin, bongkar aja bangunannya,” tegasnya saat di konfirmasi wartawan melalui telepon selulernya, Kamis (4/3/2021).

Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Kota Medan ini menambahkan, dinas terkait yang mengurus izin bangunan harus mematuhi peraturan yang ada, dan jangan asal mengeluarkan izin tanpa mengecek langsung ke lokasi.

“Kalau memang nggak bisa di bangun, seharusnya di cek benar-benar. Itu kan daerah cagar budaya. Mereka memohon izin juga seharusnya memahami hal itu, karena lokasi itu daerah yang tidak boleh diberikan izin bangunan baru,” ucapnya.

Saat ditanya wartawan adanya dugaan suap pembuatan izin bangunan, Wong Tarigan memastikan adanya oknum-oknum di dinas terkait yang melakukan hal-hal seperti itu. Dan meminta kepada Pemko Medan agar benar-benar menegakkan hukum.

“Kalau bisa, di periksa saja ASN atau tenaga honor yang menerima upetinya. Kenyataannya kita lihat dilapangan memang seperti itu kan? Makanya perbuatan selerti ini harus ditindak tegas,” ujarnya.

Atas tindakan tegas terhadap bangunan bermasalah ini, Wong mengapresiasi kinerja Walikota Medan, Bobby Afif Nasution yang merupakan menantu orang pertama di Indonesia.

“Harapan kita, Kota Medan harus bisa lebih baik dari sebelumnya. Kita dukung visi dan misinya. Kami DPRD berfungsi sebagai pengawasan dan anggaran, itu tupoksinya. Kami harapkan SKPD di Kota Medan ini bekerja dengan baik. Untuk itu Bobby harus terus memantau kinerja bawahannya, jangan sampai mereka bermain lagi,” pungkasnya.

Reporter : Amsari