Dame Duma Ajak Masyarakat Dwikora Kelolah Sampah Dengan Baik Dimasa PPKM Nanti

IMG 20210710 155602

 

Medan – DNN : Memasuki masa diberlakukan nya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Mikro (PPKM), yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan mulai hari Senin (12/7) di lima (5 ) titik perbatasan. Masyarakat diminta menerapkan prokes kesehatan dan berpola hidup sehat.

Untuk itulah, anggota DPRD Kota Medan, Dame Duma Sari Hutagalung SH, mengajak warga Jalan Setia Luhur Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia, mengelolah sampah rumah tangga maupun sampah disekitar tempat tinggal mereka dengan baik, benar dan bijak. Hal ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan Kota Medan, Sabtu (10/7/2021).

Dihadapan Camat Medan Helvetia Andi M Siregar dan ratusan masyarakat yang diundang, Dame Duma meminta warga untuk menyampaikan harapan mereka, atas permasalahan dan keluhan yang belum teratasi. Agar kehadirannya, bisa membawa perubahan yang lebih signifikan. Terutama untuk penanganan sampah dan pelayanan publik agar bisa lebih baik lagi.

Politisi Partai Gerindra Kota Medan ini pada kata sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi peraturan daerah (Sosperda) seperti ini wajib mereka lakukan sebulan sekali, selaku anggota dewan.

Dame Duma juga menyampaikan, bahwa dirinya pada setiap Sosper hampir selalu membawakan masalah persampahan. Hal itu dilakukan untuk mendukung program Walikota Bobby Nasution disektor kebersihan menangani banjir.

“Sama kita berharap, bahwa dengan gerak cepat Walikota Medan untuk menata dan merubah wajah Kota Medan, dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat dimasa yang akan datang. Dan juga mendukung program vaksin massal yang digaungkan oleh Pemko Medan. Untuk itu, saya menghimbau masyarakat Dwikora untuk mengikuti program tersebut,” ucapannya.

Dan sebaliknya, sambung anggota Komisi IV DPRD Medan, tanpa dukungan dari masyarakat, mustahil program tersebut dapat tercapai dengan baik.  “Contohnya saat ini, dengan banyaknya masyarakat yang ikut divaksin, jumlah korban meninggal karena Covid-19 di Kota Medan jadi berkurang. Sebab dengan divaksin, kekebalan tubuh kita menjadi bertambah kuat,” jelasnya.

Disamping itu, lanjut Duma, saat ini Walikota Medan M Bobby Afif Nasution, terus giat membersihkan parit dan sungai dari tumpukan sampah. “Terutama pada aliran  Sungai Deli, Bederah yang kerab menimbulkan banjir. Sehingga nantinya air sungai tersebut mengalir lancar dan bisa dimanfaatkan warga sekitar,” terangnya.

Duma pun menjelaskan lebih rinci, Perda No. 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah dan diharapkan kesadaran warga tidak membuang sampah sembarangan semakin berkurang.

“Di Perda ini sudah dijelaskan berbagai hal tentang pengelolaan sampah di Medan. Perda inilah yang menjadi acuan kita dalam mengelola sampah,” pungkasnya

Diakhir acara Dame Duma  membagikan sovenir kepada tamu undangan yang hadir.

Reporter : Amsari