Ketua TMP Kota Medan Ajak Anak-anak Kampung Sejahtera Giat Belajar dan Cinta Pancasila

IMG 20210703 164318

Medan – DNN : Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan, Drs.Wong Chun Sen Tarigan mengajak anak-anak yang tinggal di kawasan Kampung Sejahtera (Madras) agar tetap semangat didalam menimba ilmu, walaupun secara daring pada masa pandemi Covid-19 dikeluarahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (3/7/2021).

Dalam kegiatan yang bertema ‘Wawasan Kebangsaan Arti dan Makna Pancasila’ ini, Wong Chun Sen didampingi Sekretaris Taruna Merah Putih Kota Medan, Dedi Key S.kom, Ketua PPPKS Aminurasyid dan anggota.

“Kegiatan ini kita lakukan, untuk memperingati ‘Bulan Bung Karno’. Kenapa disebut demikian, karena proklamator kemerdekaan negara Republik Indonesia tersebut, lahir dan wafat di bulan yang sama yaitu bulan Juni,” katanya dihadapan puluhan anak-anak usia sekolah.

Untuk itu, sambung anggota Komisi II DPRD Medan dari Fraksi PDI-P ini berharap sejak dini, perlu ditanamkan pemahaman cinta akan pancasila, yang merupakan lambang negara Indonesia pada generasi penerus bangsa.

“Tentunya peran orang tua, guru, tokoh pemuda maupun tokoh masyarakat, mampu mengubah anak-anak menjadi berprestasi dan terhindar dari kecanduan narkotika dimasa sulit saat ini. Kalian raihlah cita-cita dengan kepatuhan dan kedisplinan, sehingga kelak bisa mengubah nasib kearah yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Sudah sepantasnya, lanjutnya lagi, apresiasi diberikan kepada pengurus Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS), yang dipimpin Aminurrasyid didalam membimbing dan mencintai tanah air dan para pejuang terdahulu.

Diakhir sambutannya, Wong kembali mengimbau agar masyarakat Kampung Madras tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dengan selalu menerapkan 5 M. “Yakni, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan, Membatasi Kegiatan diluar rumah dan mencuci tangan,” jelasnya.

Senada dengan itu, Dedi Key juga memberikan semangat kepada para pelajar yang hadir. Bahwa, mereka jangan pernah minder atau kurang percaya diri. Sebab, suatu keberhasilan dapat diraih dengan kesungguhan menimba ilmu.

“Patuh kepada kedua orang tua, guru, dan menghormati yang lebih tua dan serius saat belajar. Maka semua keinginan bisa tercapai,” ucap Dedi Key. Seraya mengimbau anak-anak tetap waspada terhadap peredaran narkotika atau narkoba dilingkungan yang merusak diri dilingkungan tempat tinggal mereka.

Masih pada pertemuan itu, Ketua PPPKS, Aminurrasyid juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan, Wong Chun Sen Tarigan dalam memberikan pemahaman atas kandungan arti dan makna yang terdapat di pancasila kepada anak-anak, remaja dan pemuda di Kampung Madras (Sejahtera).

“Dimana para pengurus PPPKS bersama orang tua serta Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat, sudah bertekad mengubah image  negatif yang selama ini melekat,  menjadi kawasan yang bebas narkoba. Kita bertekad agar kedepannya para anak-anak remaja dan pemuda dikawasan kampung ini bisa berprestasi di segala bidang,” harapnya..

Dipenghujung acara, Wong secara bergantian memanggil anak-anak tersebut maju kedepan dan menguji mereka teks pancasila. Dimana anak-anak tersebut, hampir seluruhnya hafal akan bunyi dan lambang yang ada di dada burung Garuda.

Menjelang berakhirnya kegiatan, Wong dan Dedy memberikan masker, sarung dan panganan kepada anak-anak serta foto bersama.

Reporter : Amsari