Sosialisasikan Perda No.2 Tahun 2018, Wong Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Terhadap Bencana Alam

IMG 20221106 WA0042

 

DNN l Medan – Anggota DPRD Kota Medan, Wong Chun Sen Tarigan melaksanakan Sosialisasi Perda Kota Medan, Nomor. 2 Tahun 2018 Tentang Penanganan Bencana Alam yang berlangsung di Jalan Madio Santoso (Mados) Ujung, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, Medan, Sumatra Utara, Minggu (6/11/2022), sore.

Kegiatan yang dihadiri ratusan orang, dimana di dominasi para ibu-ibu serta dihadiri Perwakilan BPBD Kota Medan, M Yamin dan Kepling XIV, Ilyas yang mewakili Kelurahan PBD I sekaligus pihak Kecamatan Medan Timur.

Dalam sambutannya, M Yamin menyampaikan apresiasinya kepada Wong Chun Sen Tarigan yang melaksanakan Sosper No.2 Tahun 2018 tentang penanganan Bencana Alam.

“Terimakasih atas dukungan pelaksanaan Sosper sehingga memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat dimana penanganan bencana ada dua yakni bencana alam dan non alam,” katanya.

Dia pun menjelaskan, untuk bencana alam ada tiga tahapan dimana sekarang ini tahapan Pra Bencana dimana sosialisasi yang dilakukan. Tentunya kita tidak menginginkan adanya terjadi bencana namun untuk pencegahan bisa dilakukan terutama menjaga ekosistem lingkungan disekitarnya.

Selanjutnya darurat bencana, dalam hal ini dalam upaya evakuasi dilakukan dengan prioritas utama yakni, Balita, Lansia, Ibu hamil/menyusui dan orang cacat.

Dan pasca bencana dengan memberikan pembinaan agar tidak trauma dan penanganan medis serta bantuan pangan yang dalam pihak BPBD berkordinasi dengan instansi lainnya.

Sedangkan Non bencana alam, seperti pada Pandemi Covid19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, pihak BPBD melakukan monitoring dan upaya pencegahan serta penanganan.

Senada dengan itu, Wong yang merupakan Anggota Sekretaris Komisi II DPRD Medan, bahwa DPRD Medan dalam penganggaran selalu mengedepankan untuk penanganan bencana baik bencana alam maupun bencana Non alam.

“Jadi kalau dibilang tidak ada dana untuk itu, sama sekali tidak benar. Bahwa dana itu ada,” ucap Wong lagi.

Bahkan lanjut legislator dari PDI Perjuangan ini, tidak hanya menganggarkan anggaran saja, para anggota legislatif juga memberikan pencerahan kepada masyarakat khususnya pada saat Covid19, dimana diantaranya membagikan Hand Sanitiezer kepada masyarakat serta mengajak warga untuk menerapkan Prokes yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta melaksanakan vaksinasi Covid19.

Ditegaskan ia pun mengimbau warga menjaga kebersihan lingkungan supaya tidak banjir, serta upaya penanganan membersihkan dan pengorekan parit oleh Dinas PU Kita Medan agar tidak lagi kebanjiran terlebih pada saat hujan.

Diakhir kegiatan Sosper, Wong pun berharap agar masyarakat tetap waspada, karena bencana itu tidak tahu kapan terjadinya. (A-Red)