Pemko Perhatikan Warga Kurang Mampu, Renville Napitupulu: Bansos Harus Tepat Sasaran

IMG 20230414 055546

Teks foto, Renville turun lapangan dengarkan keluhan warga

DNN l Medan – Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Renville Pandapotan Napitupulu ST berharap Pemko Medan lebih perhatian kepada warga kurang mampu.

“Saat ini banyak program pemerintah yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat miskin dan kurang mampu. Namun masih banyak tidak tepat sasaran. Diharap pemerintah dapat memastikan bantuan diterima oleh masyarakat yang memang berhak,” kayanya kemarin.

Renville menilai, Pemko Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota, Bobby Nasution, terus berupaya menanggulangi persoalan kemiskinan kota melalui berbagai program yang telah diluncurkan.

“Diantara program-program yang telah diluncurkan itu, sebut Renville, meliputi bidang kesehatan, pendidikan dan UMKM. Sebab, hal yang paling mendasar dalam persoalan kemiskinan itu, di antaranya menyangkut kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, modal usaha serta rasa aman,” jelasnya.

Untuk bidang pangan, sambung Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia ( PSI) Medan itu, masyarakat bisa mengusulkan melalui kelurahan untuk masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) guna mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Untuk bidang kesehatan, tambah Renville, Pemkot Medan telah meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) sejak 1 Desember 2022.
Makanya sekarang, masyarakat Kota Medan sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hanya memakai KTP atau KK,” ujar Renville.

Untuk bidang pendidikan, lanjut Renville, Pemko Medan telah mengalokasikan anggaran bantuan pendidikan untuk siswa miskin di Kota Medan non Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Nama programnya BSM (Bantuan Siswa Miskin). Ada juga bea siswa miskin dan berprestasi untuk mahasiswa sesuai dengan biaya riil kampus.Dan kuotanya memang terbatas. Semua bentuk bantuan ini, menjadi bukti keseriusan Pemko dan DPRD Medan dalam menanggulangi kemiskinan kota,” pungkasnya. (A-Red)