Reses Antonius Tumanggor Masa Sidang II Tahun ke IV, Ribuan Masyarakat Helvetia Antusias Menghadiri

IMG 20230518 WA0057

 

DNN l Medan – Pelaksanaan Reses Masa Sidang II Tahun ke Empat Tahun 2023, anggota DPRD Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos dihadiri seribuan warga se-Kecamatan Medan Helvetia. Reses tersebut dilangsungkan di Gedung Emmaus Jalan Beringin III No. 9 Kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan, Kamis (18/05/2023) dimulai pukul 15.00 WIB.

Pelaksanaan Reses  juga dihadiri perwakilan dari Dinas Sosial kota Medan, Bangun S, Dedy Irwanto Pardede, Koordinator Kota PKH Kota Medan, Hendra S, mewakili Dishub Medan, A Gani, mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Medan, Ardiansyah Siregar, perwakilan dari Dinas PU UPT Barat, dan perwakilan Kecamatan Medan Helvetia.

Acara Reses, wakil rakyat dari Dapil 1 Kota Medan ini diawali dengan do’a dan selanjutnya mendengarkan kata sambutan oleh perwakilan OPD yang hadir.

IMG 20230518 WA0078

Dalam sambutannya, Antonius menyebutkan pelaksanaan Reses yang dilaksanakan merupakan kewajiban seluruh anggota dewan untuk menjemput aspirasi dengan bertemu langsung dengan warga masyarakat di dapil masing masing.

” Untuk itu, saya berharap kepada bapak dan ibu sekalian untuk memanfaatkan reses ini sebaik baiknya dan silahkan bertanya langsung terkait keluhan yang terjadi di kelurahan dan lingkungan masing masing, karena kita juga ada mengundang perwakilan OPD pemko Medan hadir untuk mendengar dan menjawab langsung keluhan bapak dan ibu sekalian,” kata politisi dari partai Nasdem kota Medan ini.

Tanpa menunggu lama, sesi tanya jawa langsung digelar. Dan penanya pertama, D Manalu, warga beringin III kelurahan Helvetia Kecamatan Medan Helvetia meminta kepada Antonius D Tumanggor dan perwakilan OPD yang hadir untuk memperbaiki Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), terutama di dekat Gereja Katolik Emmaus Jalan Beringin III.

“Kalau malam lampu penerangan jalan di sekitar Gereja Katolik Emmaus ini banyak tidak berfungsi, sehingga gelap. Maka kami minta melalui wakil rakyat DPRD Kota Medan, Antonius D Tumanggor dapat meneruskan keluhan kami ini ke dinas terkait. Selanjutnya, kami juga berharap pohon pohon yang sudah lebat dapat di potong ranting agar lebih indah dan rapi tidak menyemak,” sebutnya.

IMG 20230518 WA0085

Menjawab permasalahan ini, perwakilan dari Dinas PU UPT Barat Kota Medan, Ardiansyah Siregar mengatakan akan segera melakukan pengecekan LPJU yang ada disebutkan warga tadi. Dirinya pun berjanji segera akan melakukan perbaikan. Termasuk pemangkasan pohon pohon di daerah jalan  Beringin III dekat Gereja Katolik Emmaus.

“Besok, kami akan melakukan survei ke lokasi yang pak Manalu ucapkan tadi. Dan segera akan kami perbaiki LPJU yang rusak tersebut. Untuk pohon, kami meminta agar jangan ada warga yang melakukan penebangan pohon atau pemangkasan pohon tanpa seizin dinas PU Kota Medan. Dan bila ada masyarakat yang melakukan pemotongan pohon tanpa seizin dinas PU Medan maka ada pidana yang dijalankan untuk itu,” ujar Ardiansyah Siregar disambut tepuk tangan seribuan warga undangan yang hadir di acara tersebut.

Sedangkan Ibu Sitanggang, warga Jalan Kalpataru k6elurahan Helvetia Timur, mengeluhkan kesulitan pasokan air bersih di daerah tempat tinggalnya. “Kami berharap bapak Antonius Tumanggor mampu memberikan solusi dan dapat berkordinasi dengan pihak  PDAM Tirtanadi,” harapnya.

Menjawab keluhan warga tersebut, anggota komisi IV DPRD Kota Medan ini pun mengatakan, selaku wakil rakyat dari kota Medan mereka memiliki keterbatasan. Namun dia menyebut akan berkordinasi dengan pihak PDAM Tirtanadi, langkah untuk menyelesaikan persoalan air bersih tersebut.

Antonius Devolis Tumanggor  juga mengaku dewan juga manusia biasa, dan ketika Lurah dan Camat mendaftarkan DTKS, namun banyak masyarakat tidak mendapat bantuan dan sementara ada ASN mendapatkan bantuan, menurut nya itu tidak boleh.

“Nanti biar pak Deddy Irwanto Pardede akan menjelaskan tentang bansos dari pemko atau pusat tersebut,” jelasnya.

Perwakilan dari Dinas Sosial, Dedy Irwanto Pardede menerangkan, bahwa yang dapat bansos tidak layak ketika sudah memiliki mobil dan sepeda motor.

“Ini tugas kita bersama agar yang menerima dapat dipastikan tepat sasaran. Saat ini di kementerian sudah ada cek bansos. Ada usulan sanggah, ketika ada ASN yang mendapat bantuan silahkan masyarakat buatkan usul sanggah. Maka ketika hal itu dilakukan maka kami akan cek kembali.
Pada dasarnya yang paling mengetahui siapa yang mendapatkan bansos itu, apalagi layak atau tidak adalah warga atau kepala lingkungan di wilayah masing masing. Bukan berarti kita tidak boleh memperbaiki data. Karena, itu amanat Undang-Undang Nomor 13 tahun 2011 ada disebut tentang penangan fakir miskin, paling lambat perbaikan data 2 tahun sekali paling cepat 6 bulan sekali. Kita sebagai pengendali di kegiatan itu melalui kegiatan musyawarah kelurahan untuk memberi informasi apa yang harus dilakukan,” tutur Deddy.

Ditambahkan Deddy Irwanto lagi, Muskel bukan tanggung jawab Dinsos dan itu juga merupakan tanggungjawab mandiri. “Kami juga sering mengikuti sosperda dewan karena ingin mensosialisasikan tentang DTKS. Permensos No 3 tahun 2021 tentang pengelolaan data DTKS,” imbuhnya.

Bila ada yang susah, lanjutnya lagi, namun belum pernah mendapatkan bantuan sosial, maka segera di bawa ke Muskel untuk segera didaftarkan pada DTKS.

“Bapak dan ibu, sekarang ada peraturan Wali Kota No.33 tahun 2021 pasal 4 kriteria di pasal 7 apabila ada 60 persen masuk pada kriteria itu silahkan mendaftar di DTKS. Untuk pelaksanaan muskel kapan saja boleh. Tujuannya agar rampung pendataan di kelurahan tersebut,” tukasnya.

Sedangkan Bapak Berutu mengeluhkan, perbaikan drainase di gang Sepakat dan jalan Bringin. Perwakilan dari dinas PU UPT Barat,  Ardiansyah Siregar menghimbau agar masyarakat tidak menutup saluran parit agar ketika dilakukan pembersihan atau pengorekan parit.

“Jika drainase tertutup secara permanen akan menyulitkan pihak petugas ketika hendak membersihkan sampah di dalam drainase. Walaupun begitu ada teknik kita lakukan dilapangan drainase kita bongkar semua. Nanti kita cek sama-sama,” ungkapnya.

IMG 20230518 WA0093

Diakhir acara pelaksanaan Reses Masa Sidang II tahun ke Empat tahun 2023 tersebut yang dilaksanakan oleh Antonius D Tumanggor ini warga undangan yang hadir menerima suvenir dan nasi kotak, dilanjutkan sesi berfoto bersama.

Amatan awak media dilokasi pelaksanaan Reses masa sidang II tersebut, pihak panitia juga mengundang warga dari 7 kelurahan yang ada di kecamatan Medan Helvetia. (A-Red)