Alasan-alasan PHK dan Perhitungan Hak Pekerja Berdasarkan PP 35 Tahun 2021

2 20230906 084711 0001

9. Keadaan memaksa (force majeure) yang tidak mengakibatkan perusahaan tutup (pasal 45 ayat 2) maka pekerja yang diPHK berhak mendapatkan 0,75 kali uang pesangon, 1 kali uang masa penghargaan masa kerja, dan 1 kali penggantian hak.

10. Perusahaan dalam keadaan PKPU yang disebabkan perusahaan mengalami kerugian (pasal 46 ayat 1) maka pekerja yang diPHK berhak mendapatkan 0,5 kali uang pesangon, 1 kali uang masa penghargaan masa kerja, dan 1 kali penggantian hak.

11. Perusahaan dalam keadaan PKPU bukan disebabkan perusahaan mengalami kerugian (pasal 46 ayat 1) maka pekerja yang diPHK berhak mendapatkan 1 kali uang pesangon, 1 kali uang masa penghargaan masa kerja, dan 1 kali penggantian hak.

12. Perusahaan dalam keadaan pailit (pasal 47) maka pekerja yang diPHK berhak mendapatkan 0,5 kali uang pesangon, 1 kali uang masa penghargaan masa kerja, dan 1 kali penggantian hak.

13. Adanya permohonan PHK yang diajukan pekerja karena perusahaan melanggar isi pasal 36 huruf g (pasal 48) maka pekerja yang diPHK berhak mendapatkan 1 kali uang pesangon, 1 kali uang masa penghargaan masa kerja, dan 1 kali penggantian hak. Apabila putusan PHI menyatakan perusahaan tidak terbukti melakukan pelanggaran atas pasal 36 huruf g (pasal 49), maka pekerja hanya mendapatkan uang pergantian hak dan uang pisah dengan besarnya sesuai yg diatur dalam Perjanjian Kerja, PP atau PKB.

14. Pekerja yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri dan memenuhi syarat yang diatur dalam pasal 36 hueuf i, maka pekerja hanya mendapatkan uang pergantian hak dan uang pisah dengan besarnya sesuai yg diatur dalam Perjanjian Kerja, PP atau PKB.

15. Pekerja mangkir selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut tanpa alasan dan bukti yang sah dan perusahaan sudah memanggil 2 kali secara patut dan tertulis (pasal 51) maka pekerja hanya mendapatkan uang pergantian hak dan uang pisah dengan besarnya sesuai yg diatur dalam Perjanjian Kerja, PP atau PKB.

16. Pekerja melanggar ketentuan yang telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama maka pekerja berhak mendapatkan 0,5 kali uang pesangon, 1 kali uang masa penghargaan masa kerja, dan 1 kali penggantian hak.

17. Pekerja melakukan pelanggaran yang bersifat mendesak yang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama (pasal 52 ayat 2) maka pekerja hanya mendapatkan uang pergantian hak dan uang pisah dengan besarnya sesuai yg diatur dalam Perjanjian Kerja, PP atau PKB.

18. Pekerja tidak dapat melakukan pekerjaan selama 6 bulan karena ditahan penyidik dan mengakibatkan kerugiaan terhadap perusahaan (pasal 54 ayat 1) maka pekerja hanya mendapatkan uang pergantian hak dan uang pisah dengan besarnya sesuai yg diatur dalam Perjanjian Kerja, PP atau PKB.

19.Pekerja tidak dapat melakukan pekerjaan selama 6 bulan karena ditahan penyidik namun tidak mengakibatkan kerugiaan terhadap perusahaan (pasal 54 ayat 2) maka pekerja hanya mendapatkan 1 kali penghargaan masa kerja dan uang pergantian hak.

20. Pekerja divonis bersalah dan belum melebihi 6 bulan serta mengakibatkan kerugiaan terhadap perusahaan maka pekerja dapat diPHK dan pekerja hanya mendapatkan uang pergantian hak dan uang pisah dengan besarnya sesuai yg diatur dalam Perjanjian Kerja, PP atau PKB.

21. Pekerja divonis bersalah dan belum melebihi 6 bulan namun tidak mengakibatkan kerugiaan terhadap perusahaan (pasal 54 ayat 5) maka pekerja dapat diPHK dan pekerja hanya maka pekerja hanya mendapatkan 1 kali penghargaan masa kerja dan uang pergantian hak.

22. PHK karena pekerja mengalami sakit berkepanjangan atau cacat karena kecelakaan kerja dan tidak dapat melakukan pekerjaan setelah melampaui 12 bulan (pasal 55 ayat 1) maka pekerja berhak mendapatkan 2 kali uang pesangon, 1 kali uang penghargaan masa kerja dan uang pergantian hak.

23. Permohonan PHK karena pekerja mengalami sakit berkepanjangan atau cacat karena kecelakaan kerja dan tidak dapat melakukan pekerjaan setelah melampaui 12 bulan (pasal 55 ayat 2) maka pekerja berhak mendapatkan 2 kali uang pesangon, 1 kali uang penghargaan masa kerja dan uang pergantian hak.

24. PHK karena pekerja memasuki usia pensiun maka pekerja berhak mendapatkan 1,75 kali uang pesangon, 1 kali uang penghargaan masa kerja dan uang pergantian hak.

25. PHK karena pekerja meninggal dunia maka ahli waris berhak mendapatkan mendapatkan 2 kali uang pesangon, 1 kali uang penghargaan masa kerja dan uang pergantian hak.

Asuhan : M.O.Saut Hamonangan Turnip, S.H., C.T.C.L
Rubrik Contack Person : 0852-1972-3695

Editing : Bern/Redaksi