Dukung Kebutuhan Atlet, Komisi IV DPRD Kota Samarinda Gelar Pertemuan dengan NPCI

IMG 20240321 WA0071

DELINEWSTV.COM | SAMARINDA – Jajaran Komisi IV DPRD Kota Samarinda menggelar pertemuan dengan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Samarinda, Jumat 3 Maret 2023 di Kantor DPRD Jl. Basuki Rahmat, Samarinda.

Organisasi pembina olahraga penyandang disabilitas tersebut menyampaikan terkait perkembangan eksistensi NPCI dan atlet-atlet yang berada di bawah binaannya. Termasuk kebutuhan mendesak yang diperlukan untuk mendukung fasilitas bagi atlet.

Selain menyampaikan perkembangan organisasi dan atlet, NPCI juga berharap eksekutif dan legislatif memberikan perhatian lebih kepada dunia olahraga bagi penyandang disabilitas.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti mengaku pihaknya menyambut baik segala aspirasi yang dikemukakan tersebut.

“Disampaikan NPCI Samarinda, perhatian Pemkot terhadap dunia olahraga bagi difabel masih kurang maksimal. Utamanya mereka berharap dukungan anggaran untuk keberlangsungan aktivitas olahraga dan prestasi,” ucap Sri Puji Astuti.

Terkait aspirasi yang disampaikan dalam pertemuan, Puji-demikian sapaan akrabnya, mengaku akan menindaklanjuti kebutuhan untuk mendukung keberlangsungan atlet dari 15 cabang olahraga yang dibina oleh NPCI Samarinda.

Ia pun merekomendasikan agar NPCI Kota Samarinda segera membuat proposal bantuan dana. Dan pihaknya di Komisi IV akan berupaya berkoordinasi dengan Pemkot Samarinda untuk kebutuhan tersebut. Setidaknya menurut Puji, dapar dianggarkan pada APBD Perubahan 2023.

Sementara itu, Ketua NPCI Kota Samarinda, Muhammad Ali menerangkan, jika pihaknya saat ini membutuhkan bantuan anggaran dari pemerintah untuk menunjang aktivitas olahraga dan latihan para atlet paralympic Kota Samarinda.

Perihal kebutuhan menurut Ali yakni pada fasilitas kursi roda khusus olahraga para atlet. Selama ini para atlet hanya menggunakan kursi roda kesehatan yang notabenenya sangat terbatas.

“Kami berharap dengan audiensi ini bisa mendapatkan perhatian dan dukungan dari Pemkot Samarinda,” tutupnya.

Penulis Iman Jaya Harefa