Haris Kelana Damanik Sarankan Puskesmas Gunakan Sistem Digitalisasi

IMG 20211108 093857

Medan – DNN: Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Medan, dr Taufiq Ririansyah diminta supaya melakukan terobosan baru dan mampu berinovasi terkait peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) di Kota Medan. Seluruh Puskesmas disarankan saatnya menggunakan digitalisasi mempermudah pasien mendapat pelayanan kesehatan yang prima.

“Kita harapkan Kadinkes mampu memberikan warna baru terkait peningkatan pelayanan kesehatan dan seluruh Puskesmas di Medan agar menerapkan sistim digitalisasi,” ucap anggota Komisi II DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST kepada wartawan, Minggu (13/2/2022).

Kembali Haris menambahkan, dengan menggunakan sistim digitalisasi, akan dipermudah pasien mendapat pelayanan kesehatan. Begitu juga untuk konsultasi dengan dokter, terkait suatu penyakit dapat dilakukan melalui daring. “Tentu, tidak begitu sulit karena hampir seluruh warga sudah memiliki Android,” jelasnya.

Haris yang juga Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan itu menilai, sudah saatnya Kadinkes dari sekarang mulai memberikan pelatihan terhadap petugas kesehatan, perawat maupun dokter. “Agar lebih memahami perangkat untuk sistim digitalisasi tersebut,” ujarnya.

Upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas, lanjut Haris, agar setiap Puskesmas memiliki dokter spesialis. Sehingga pelayanan semakin meningkat dan kepercayaan masyarakat atas stigma buruk terhadap Puskesmas selama ini akan hilang.

“Pelayanan para petugas kesehatan, perawat dan dokter dipastikan ramah kepada pasien. Termasuk sarana fasilitas pendukung harus disiapkan. Puskesmas harus diberdayakan sebagai tempat pelayanan kesehatan terdekat di tengah masyarakat,” tuturnya.

Terkait rencana pengoperasian RS Medan Labuhan di wilayah Medan Utara, Haris menekankan agar diawali dengan pelayanan yang maksimal. Bahkan ke depannya, RS milik Pemko Medan itu harus menunjukkan pelayanan perima, jangan kalah saing dengan RS Swasta.

“Diera kepemimpinan Walikota Medan Bobby Nasution dan dukungan Kadinkes Medan Taufiq Ririansyah, RS Medan Labuhan harus mampu memberikan pelayanan yang sangat prima bagi warga Medan, khususnya masyarakat Medan Utara,” pungkas Haris.

Reporter: Amsari.