Diberlakukannya Program UHC, Dhiyaul Hayati: Dengan Menunjukkan KTP Masyarakat Bisa Berobat

IMG 20220804 055835

 

DNN l Medan – Melalui program Universal Health Covarage (UHC), mulai 1 Desember 2022 masyarakat Kota Medan sudah bisa berobat secara gratis, hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini dikarenakan Pemerintah Kota Medan, yang dipimpin Bobby Nasution telah mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kota Medan.

Apresiasi itu disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Dhiyaul Hayati SAg MPd terhadap kinerja Walikota Medan dan jajaran. khususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial yang telah bersinergi melakukan pendataan masyarakat, sehingga memenuhi persyaratan UHC.

“Dengan diberlakukannya program UHC tersebut, nantinya warga Kota Medan dapat menggunakan fasilitas kesehatan disetiap Rumah Sakit, hanya menggunakan KTP Medan untuk berobat. Kedepannya tak ada lagi warga kota Medan yang tidak bisa berobat karena tidak mampu membayar, iuran BPJS Kesehatan nya,” kata Dhiyaul Hayati kepada wartawan, kemarin.

Politisi PKS yang duduk di Komisi II DPRD Medan ini kembali menyampaikan rasa bahagia dan apresiasinya kepada masyarakat yang sudah membayar pajak dan retribusi lainnya, sehingga Pemko Medan mampu mewujudkan program UHC. Program ini sudah diusulkannya sejak 2021 lalu, karena banyaknya masyarakat yang mengeluhkan sulit mendapat pelayanan kesehatan, karena tak mampu membayar tunggakan iuran BPJS Kesehatannya.

“Namun pada akhirnya, Kota Medan dapat mewujudkan UHC ini, menyusul Nias Utara, Sibolga dan Pakpak Barat. Selaku anggota dewan, saya turut bahagia atas terwujudnya aspirasi masyarakat itu Semua ini tak terlepas turut berperannya masyarakat yang sudah membayar pajak dan retribusi dengan baik. Terimakasih kepada warga Medan. Sekarang ini sudah 95 persen masyarakat yang terdaftar dalam JKN KIS,” ungkap Dhiyaul.

Dia berharap program ini akan berjalan sesuai harapan dan tak ada lagi keluhan tentang pelayanan kesehatan maupun mahalnya biaya rumah sakit. (A-Red)