Dalam Rangka Memperingati Trisuci Waisak 2567 BE/2023, Wong Chun Sen dan Panitia Waisak Bersama Sumut Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

IMG 20230529 092542

Teks foto, rombongan ziarah foto bersama

DNN l Medan – Dalam Rangka memperingati Trisuci Waisak 2567 BE/2023, seluruh tokoh perwakilan umat Budha di Sumatera Utara melaksanakan kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional (TMP) Jalan SM Raja Medan. Tabur bunga tersebut merupakan rangkaian puncak hari Trisuci Waisak yang akan dilaksanakan seluruh umat Budha di Sumatera Utara pada 4 Juni 2023, di Candi Bahal Portibi Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Permabudhi Sumut, Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B, ketua Walubi Sumut, Brilian Muktar, pembimbing masyarakat Budha provinsi Sumatera Utara, Dr.Budi Sulistiyo, S.Ag., MPd.B., MH, para rohaniawan umat Budha, dan tokoh umat Budha SE Sumatera Utara.

  1. IMG 20230529 092510

Teks foto, Wong dan rombongan lakukan tabur bunga

Wong Chun Sen Tarigan dikesempatan itu mengatakan, bahwa kegiatan tabur bunga di makam pahlawan merupakan rangkaian memperingati Waisak 2567 BE/2023, yang nanti pada tanggal 4 Juni 2023 pada puncak acaranya akan dilaksanakan di Candi Bahal, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara.

“Pada hari ini kami seluruh perwakilan tokoh tokoh umat Budha melaksanakan tabur bunga di makam pahlawan untuk mengenang jasa jasa para pahlawan. Dimana di makam pahlawan ini ada juga kita ketahui tiga (3) pahlawan kemerdekaan yang beragama Budha. Untuk itu kita seluruh tokoh tokoh agama Budha datang untuk memberikan penghormatan,” ucap Wong kepada wartawan, Minggu (28/05/2023) siang.

Selaku ketua rombongan panitia Waisak Bersama, Dr.Budi Sulistiyo, S.Ag., MPd.B., MH mewakili Kementerian Agama sekaligus pembimbing masyarakat Budha provinsi Sumatera Utara mengatakan, kegiatan tabur bunga yang dilakukan para tokoh umat Budha di makam pahlawan sebagai bagian dari rangkaian memperingati hari Waisak tahun 2023. Dan pada puncaknya akan dilaksanakan di Candi Bahal daerah Padang Lawas Utara provinsi Sumatera Utara.

“Kita melakukan tabur bunga sebagai bentuk rasa bakti umat budha provinsi Sumatera Utara kepada para pahlawan yang selama hidupnya telah banyak berkontribusi dan berjasa untuk kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia. Kita juga mendoakan agar arwah para pahlawan itu diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan berbahagia di alam nya,” jelasnya.

Selanjutnya, dia juga menambahkan kegiatan tabur bunga tersebut di ikuti semua perwakilan umat Budha dan tokoh umat Budha seperti Permabudhi Sumut dan Walubi Sumut.

“Jadi rangkaian kegiatan Waisak ini, kami Panitia Waisak Bersama melakukan tabur bunga di makam pahlawan, bakti sosial dan kegiatan lainnya. Yang mana puncaknya akan dilaksanakan di Candi Bahal, Portibi Padang Lawas Utara, provinsi Sumatera Utara. Ini bentuk perwujudan seluruh umat budha di  Sumatera Utara untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan untuk mencapai kebahagian bersama sama,” tuturnya.

Budi Sulistyo juga menyebut, kegiatan tabur bunga diperuntukan kepada mantan mantan gubernur provinsi Sumatera Utara dan pahlawan yang beragama Budha.

Sedangkan perewakilan Mapan Bumi, menambahkan keikut sertaan mereka berpartisipasi ziarah tabur bunga di makam pahlawan, sebagai bentuk menghormati dan mengenang para pahlawan kemerdekaan yang telah pergi lebih dulu. Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk memperingati hari Tri Suci Waisak. “Semoga para pahlawan yang telah mendahului kita diterima di tempat yang layak,” ujar perwakilan Mapan Bumi.

Sebelum pelaksanaan Tabur Bunga ini dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan upacara penghormatan kepada para pahlawan kemerdekaan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Pimpinan Ziarah dan para rohaniawan. Do’a agama Budha, Peletakan karangan bunga, penghormatan kepada arwah pahlawan,  selanjutnya diteruskan dengan penaburan bunga dipusara makam pahlawan nasional oleh pimpinan ziarah dan para Bante (rohaniawan), selanjutnya di ikuti tokoh umat Budha dan rombongan yang hadir.

IMG 20230529 092600

Teks foto, Ketua Permabudhi Sumut berikan bantuan sembako pada masyarakat

Setelah itu, pimpinan ziarah, para rohaniawan, tokoh umat Budha dan rombongan melakukan ziarah kubur, diteruskan dengan memberikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu. (A-Red)